RENSTRA 2021 - 2026

By Kecamatan Hiliran Gumanti 24 Feb 2022, 10:36:05 WIB

 
PERATURAN BUPATI SOLOK
NOMOR 39 TAHUN 2021 
 
TENTANG 
 
RENCANA STRATEGIS PERANGKAT
DAERAH KABUPATEN SOLOK 
TAHUN 2021-2026 
PEMERINTAH 
KABUPATEN SOLOK 
KECAMATAN HILIRAN GUMANTI 
KATA PENGANTAR 

Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas 
limpahan rahmat dan karunia-Nya, Rencana Strategis (Renstra) Kecamatan Hiliran
Gumanti Kabupaten Solok Tahun 2021-2026 dapat disusun dan diselesaikan dengan
baik. 
Rencana Strategis ini memuat Pendahuluan, Gambaran Pelayanan
Perangkat Daerah, Permasalahan dan Isu-isu Strategis Perangkat Daerah, Tujuan
dan Sasaran, Strategidan Arah Kebijakan, Rencana Program dan Kegiatan serta
Pendanaan, Kinerja Penyelenggaraan Bidang Urusan yang mengacu pada tujuan
dan sasaran RPJMD yang akan dicapai dalam kurun waktu 5 (lima) tahun. 
Pada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan Renstra yang tidak
dapat kami sebutkan satu persatu pada kesempatan ini diucapkan banyak
terimakasih atas bantuan serta sumbang saran yang telah diberikan. 
Selanjutnya saran dan kritik yang konstruktif dari semua pihak sangat
diharapkan untuk penyempurnaan penyusunan  Rencana Strategis Kecamatan
Hiliran Gumanti untuk masa mendatang. 

Talang Babungo,      Desember 2021 
CAMAT HILIRAN GUMANTI,

 
ROMI HENDRAWAN,S.Sos,M.Si
Pembina Tk.I / IV.b 
NIP. 19731106 199303 1 002
 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 i 
DAFTAR ISI 


PERATURAN BUPATI SOLOK NOMOR 39 TAHUN 2021 TENTANG 
RENCANA STRATEGIS PERANGKAT DAERAH TAHUN 2021 – 2026  .................. 
KATA PENGANTAR ........................................................................................................... i
DAFTAR ISI .......................................................................................................................... ii
DAFTAR TABEL ................................................................................................................. iii
DAFTAR GAMBAR ........................................................................................................... iv
BAB  I PENDAHULUAN..................................................................................................... 1 
1.1. LATAR BELAKANG............................................................................................. 1
1.2. LANDASAN HUKUM ......................................................................................... 5
1.3. MAKSUD DAN TUJUAN .................................................................................... 7
1.4. SISTEMATIKA PENULISAN .............................................................................. 7 
BAB  II GAMBARAN PELAYANAN PERANGKAT DAERAH ................................. 9
2.1. TUGAS, FUNGSI, DAN STRUKTUR ORGANISASI PERANGKAT 
DAERAH ................................................................................................................ 9
2.2. SUMBER DAYA PERANGKAT DAERAH ..................................................... 17
2.3. KINERJA PELAYANAN PERANGKAT DAERAH ....................................... 19
2.4. TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN PELAYANAN 
PERANGKAT DAERAH .................................................................................... 22
BAB  III  PERMASALAHAN DAN ISU – ISU STRATEGIS   PERANGKAT 
DAERAH ............................................................................................................ 24
3.1. IDENTIFIKASI PERMASALAHAN BERDASARKAN TUGAS DAN 
FUNGSI PELAYANAN PERANGKAT DAERAH ......................................... 24
3.2. TELAAHAN VISI, MISI DAN PROGRAM KEPALA DAERAH DAN 
WAKIL KEPALA DAERAH TERPILIH ........................................................... 26
BAB  IV TUJUAN DAN SASARAN ............................................................................... 31 
4.1. TUJUAN DAN SASARAN JANGKA MENENGAH PERANGKAT
DAERAH .............................................................................................................. 31 
BAB  V  STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN ........................................................... 32
5.1. STRATEGI OPD KECAMATAN HILIRAN GUMANTI ............................... 33 
5.2. ARAH KEBIJAKAN OPD KECAMATAN HILIRAN GUMANTI ............... 33
BAB  VI RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN SERTA PENDANAAN ....... 35 
BAB  VII KINERJA PENYELENGGARAAN BIDANG URUSAN ............ 38
BAB  VIII PENUTUP .......................................................................................................... 43
 
 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 ii 
 
DAFTAR TABEL 

Tabel 2. 1.   Kondisi Asset OPD Rekapitulasi Sarana dan Prasarana  
Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 ................................................. 18 
Tabel 2. 2   Rekapitulasi Sumber Daya Kantor Camat Hiliran Gumanti
Tahun 2021 .................................................................................................... 19 
Tabel 2. 3  Target Kinerja OPD Kecamatan Hiliran Gumanti  Kabupaten
Solok 2016 – 2020 .......................................................................................... 20 
Tabel 2. 4   Pencapaian Kinerja OPD Kecamatan Hiliran Gumanti 
Kabupaten Solok 2016 – 2020 ..................................................................... 21 
Tabel 3.1   Visi dan Penjelasan Visi Kepala Daerah ............................................... 27 
Tabel 3.2 Isu-Isu Strategis Kecamatan Hiliran Gumanti ..................................... 30 
Tabel 4. 1   Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah  Kecamatan Hiliran
Gumanti ................................................................................................ 31 
Tabel 5. 1   Analisa SWOT Lingkungan Strategis Internal Dan Eksternal ............. 32 
Tabel 5. 2   Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, Strategi dan Arah Kebijakan .................... 34 
Tabel 6. 1   Rencana Program Kegiatan dan Pendanaan Indikatif ......................... 36 
Tabel 7. 1   Indikator Kinerja Kecamatan Hiliran Gumanti yang Mengacu
pada  Tujuan dan Sasaran RPJMD ....................................................... 38 
Tabel 7. 2   Indikasi Rencana Program Yang Disertai Dengan Kebutuhan
Pendanaan yang Mengacu pada Tujuan dan Sasaran RPJMD  

 
Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok .................................... 39 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 iii 
 
DAFTAR GAMBAR 

Gambar 1. 1  Alur Penyusunan Renstra ...................................................................... 2 
Gambar 1. 2  Keterkaitan Antar Dokumen Perencanaan ............................................ 4 
Gambar 2. 1  Struktur Organisasi Kecamatan Hiliran Gumanti .................................. 11
 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 iv 

 
BAB  I
PENDAHULUAN 
1.1. LATAR BELAKANG
Rencana Strategis Perangkat Daerah yang juga disingkat dengan Renstra 
Perangkat Daerah merupakan dokumen perencanaan Perangkat Daerah untuk
periode 5 (lima) tahunan. Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti merupakan
dokumen perencanaan Kecamatan Hiliran Gumanti untuk kurun waktu 5 (lima)
tahun yaitu  antara  kurun waktu 2021-2026 sesuai dengan periode pelaksanaan
RPJMD Kabupaten Solok Tahun 2021-2026. 
Sesuai amanat yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun
2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Kepala Satuan Kerja
Perangkat Daerah harus menyiapkan rancangan Rencana Strategis Perangkat
Daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dengan berpedoman pada
rancangan RPJMD. Renstra Perangkat Daerah disusun untuk menjaga dan
memelihara kesinambungan pembangunan yang telah dicapai sebelumnya
sehingga berfungsi bahan perbandingan antara kondisi  pembangunan  daerah
yang telah dicapai dengan kondisi pembangunan yang diinginkan kedepan.
Penyusunan rencana pembangunan pada dasarnya merupakan akumulasi
perencanaan dari bawah ke atas dan dari atas ke bawah (bottom up and top down
planning) melalui mekanisme dan tahap penyusunan rancangan disemua
tingkatan pemerintahan mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota,
provinsi hingga pemerintah pusat. Demikian pula sebaliknya dari pusat, provinsi,
kabupaten, kecamatan hingga pemerintah desa. 
Pembangunan yang dilaksanakan di Kecamatan Hiliran Gumanti
merupakan bagian yang tak terpisahkan dari RPJMD Kabupaten Solok dan
Rencana Strategis seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Solok termasuk
Kecamatan Hiliran Gumanti yang membutuhkan sistem, mekanisme,
pelaksanaan dan pengendalian yang lebih terpadu, sinergis, seimbang antara
berbagai bidang kegiatan pemerintah dan berbagai bentuk partisipasi masyarakat
yang dapat menjamin terpenuhinya aspirasi dan kebutuhan dasar masyarakat
Kabupaten Solok. 
Dalam penyusunan Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti berpedoman pada
RPJMD Kabupaten Solok Tahun 2021-2026. Selanjutnya Renstra Perangkat Daerah
yang telah disusun dijadikan pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja
Perangkat Daerah (Renja Perangkat Daerah). Renja Perangkat Daerah ini
merupakan dokumen perencanaan pembangunan untuk kurun waktu 1 (satu)
tahun. 
Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021-2026 disusun melalui
beberapa tahapan, sesuai dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata
Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara
Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta Tata Cara
Perubahan RPJMD dan RKPD. Secara garis besar proses penyusunan Renstra
Kecamtan Hiliran Gumanti dapat dilihat pada gambar 1.1. 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 1 

 
Gambar 1. 1 
Alur Penyusunan Renstra 

Secara rinci tahapan penyusunan Renstra Kecamtan Hiliran Gumanti 
Tahun 2021-2026 dapat dijelaskan sebagai berikut:
A. Tahap Persiapan  
Kegiatan yang harus dilakukan pada tahap persiapan adalah :
1) Pembentukan Tim Penyusunan  
Tim penyusun Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti disusun oleh Camat
Hiliran Gumanti dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Camat Hiliran
Gumanti. 
2) Orientasi 
Orientasi Renstra Kecamatan Hiliran Gumantidilakukan bersama Tim 
Penyusun Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti. Orientasi bertujuan untuk
penyamaan persepsi dan teknis penyusunan dokumen Renstra Kecamatan
Hiliran Gumanti. 
3) Penyusunan Agenda Kerja Tim 
Rencana kerja Tim Penyusun Renstra Kecamatan Hiliran Gumantidisusun 
kedalam agenda kerja yang dijadikan sebagai panduan kerja mulai dari
tahapan persiapan sampai nantinya ditetapkan.  
4) Penyiapan data dan informasi
Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan langkah-langkah, 
sebagai berikut:
? Menyusun daftar data/informasi dalam bentuk matrik (check list) 
untuk memudahkan analisis;
? Mengumpukan data/informasi yang akurat dari sumber-sumber 
yang dapat dipertanggungjawabkan; dan
? Menyiapkan tabel-tabel/matrik kompilasi data yang sesuai dengan 
kebutuhan analisis. 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 2 
B. Tahap Penyusunan Rancangan Awal 
Penyusunan rancangan awal Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti 
dilakukan melalui Pengolahan data dan informasi, Penelaahan dokumen
perencanaan lainnya, Analisis gambaran pelayanan Kecamatan Hiliran
Gumanti, Analisis permasalahan, Perumusan isu-isu strategis, Perumusan
tujuan pelayanan jangka menengah, Perumusan sasaran pelayanan jangka
menengah, Perumusan strategi dan arah kebijakan dan Perumusan program
dan kegiatan/sub kegiatan yang mendukung arah kebijakan Kecamatan
Hiliran Gumanti. 

C.  Tahap Penyusunan Rancangan Akhir  
Penyusunan rancangan akhir Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti
merupakan penyempurnaan atas rancangan awal Renstra Kecamatan Hiliran
Gumanti yang berpedoman pada RPJMD yang telah ditetapkan dengan
Peraturan Daerah dan Berita acara forum perangkat daerah. Penyempurnaan
rancangan awal renstra perangkat daerah dilengkapi dengan perbaikan atau
masukan yang telah dituangkan dalam Berita Acara Forum Perangkat Daerah
rancangan awal Renstra. 

D. Tahap Penetapan  
Setelah rancangan akhir selesai, dokumen Renstra Perangkat Daerah
selanjutnya disampaikan kepada Bidang Mitra Kecamtan Hiliran Gumanti
terkait untuk diverifikasi dan memperoleh pengesahan Kepala Daerah dengan
tenggang waktu paling lambat 1 (satu) minggu setelah Peraturan Daerah
tentang RPJMD ditetapkan.  

Renstra Perangkat Daerah memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat 
strategis. Begitupun dengan Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021-2026
mempunyai fungsi strategis sebagai berikut : 
1. Sebagai panduan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kecamatan Hiliran
Gumanti dalam jangka 5 (lima) tahun ke depan pada masa kepemimpinan
Kepala Daerah; 
2. Menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Tahunan Kecamatan
Hiliran Gumanti; 
3. Instrumen pengendalian dan evaluasi kinerja Kecamatan Hiliran Gumanti
agar pelaksanaan pembangunan jangka menengah dan tahunan mengarah
pada pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran yang tertuang dalam RPJMD; 
4. Kontrak kinerja Camat Hiliran Gumanti dengan Kepala Daerah; dan
5. Landasan terwujudnya fungsi penunjang perencanaan sesuai tugas pokok 
dan fungsi Kecamatan Hiliran Gumanti.
 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 3 
Renstra Kecamatan Hiliran GumantiTahun 2021-2026 disusun dengan
mempedomani dokumen-dokumen perencanaan lainnya, baik ditingkat nasional,
provinsi maupun kabupaten/kota. Keterkaitan antar dokumen perencanaan
tersebut akan mendukung tercapainya tujuan pembangunan dari pusat sampai
daerah. Adapun keterkaitan antar dokumen perencanaan dapat dilihat pada
gambar 1.2. 

Gambar 1. 2  
Keterkaitan Antar Dokumen Perencanaan

Tahapan perencanaan dari tingkat nasional sampai daerah dimulai dengan 
penyusunan dokumen RPJPN/RPJD provinsi/RPJPD kab./kota untuk masa 20
tahun. Kemudian diturunkan menjadi dokumen lima tahunan daerah yaitu
dokumen RPJMN/RPJMD provinsi/RPJMD kab./kota. Dokumen ini, diturunkan
menjadi dokumen lima tahunan organisasi perangkat daerah yang disebut Renstra.
Renstra juga terdiri dari Renstra K/L, Renstra perangkat daerah provinsi dan
Renstra perangkat daerah kab./kota. Dari dokumen perencanaan lima tahunan,
dijabarkan kedalam dokumen perencanaan tahunan, yaitu dokumen RKP/RKPD
provinsi/RKPD kabupaten/kota untuk tingkat daerah. Sementara itu juga disusun
dokumen tahunan perangkat daerah yang disebut Renja K/L, Renja perangkat
daerah provinsi/Renja perangkat daerah kab./kota. 
Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021-2026 disusun
berpedoman kepada RPJMD Kabupaten Solok. Hal ini terlihat pada penyusunan
tujuan dan sasaran jangka menengah Kecamatan Hiliran Gumanti merupakan
bagian dari upaya untuk mewujudkan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati.
Begitu juga dalam perumusan strategi dan arah kebijakan serta program
Kecamatan Hiliran Gumanti juga mempunyai relevansi dan konsistensi dengan
RPJMD. Kemudian RPJMD dijabarkan ke dalam RKPD tahunan.  
Penyusunan Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021-2016 juga
diselaraskan dengan Renstra Bappenas. Perumusan tujuan dan sasaran jangka
menengah Kecamatan Hiliran Gumanti pada Bab IV Renstra Kecamatan Hiliran
Gumanti diselaraskan dengan tujuan dan sasaran jangka menengah pada Bab II
Renstra Bappenas. Berikutnya dalam penetapan strategi dan arah kebijakan yang
ada pada Bab V Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti sudah diselaraskan dengan
Bab III Renstra Bappenas. Dan yang terakhir dalam penyusunan ukuran kinerja 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 4 
pada Bab VI yakni Kinerja Penyelenggaraan Bidang Urusan juga menyelaraskan
dengan Bab IV Renstra Bappenas.  
Renstra sebagai dokumen perencanaan lima tahunan akan dibreakdown
menjadi dokumen perencanaan tahunan yang disebut Rencana Kerja Perangkat
Daerah (Renja-PD). Bab II Renja tentang Hasil Evaluasi Renja Tahun Lalu
berpedoman pada tujuan dan sasaran jangka menengah yang telah ditetapkan pada
Bab IV Renstra. Begitu juga dalam penetapan tujuan dan sasaran dalam Bab III
Renja juga harus selaras dengan sasaran target kinerja pada Bab IV Renstra.
Berikutnya penyusunan rencana kerja dan pendanaan Kecamatan Hiliran Gumanti
pada Bab IV Renja merupakan pelaksanaan tahunan dari rencana program dan
kegiatan serta pendanaan pada Bab VI Renstra.  
 
1.2. LANDASAN HUKUM
Peraturan perundang-undangan yang menjadi landasan hukum bagi 
Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti adalah sebagai berikut:
1. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah 
Otonom dalam Lingkungan Propinsi Sumatera Tengah (Lembaran Daerah
Republik Indonesia Tahun 1956 Nomor 25); 
2. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran
Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 47, Tambahan Lembaran
Negara Republik Indonesia Nomor 4287); 
3. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara
(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 5, Tambahan
Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4355); 
4. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan
Pembangunan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004
Nomor 104, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4421); 
5. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan
Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025 (Lembaran Negara Republik
Indonesia Tahun 2007 Nomor 33, Tambahan Lembaran Negara Republik
Indonesia Nomor 4700); 
6. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan
Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587) sebagaimana telah diubah
beberapa kali terakhir dengan Undang 
7. Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas UndangUndang

Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran
Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 58, Tambahan Lembaran
Negara Republik Indonesia Nomor 5679); 
8. Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan
(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 292, Tambahan
Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5601); 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 5 
9. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati
dan Walikota (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 57,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5678); 
10. Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan
Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 140,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4578); 
11. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara
Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan
Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 21,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4817); 
12. Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Keterbukaan Informasi
Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 99,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5149); 
13. Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah
(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 114); 
14. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana
Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2015-2019 (Lembaran
Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 3); 
15. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman
Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali,
terakhir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011
tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13
Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah; 
16. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan
Produk Hukum Daerah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015
Nomor 2036); 
17. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata cara
perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara
evaluasi rancangan peraturan daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka
Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta
tata cara perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana
Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah
Daerah; 
18. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi,
kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan
daerah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 1447); 
19. Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 50 Tahun 2020 tentang Hasil
verifikasi dan validasi pemutakhiran klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur
perencanaan pembangunan dan keuangan daerah; 
20. Peraturan Daerah Propinsi Sumatera Barat Nomor 7 Tahun 2008 tentang
Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Propinsi Sumatera Barat
Tahun 2005-2025 (Lembaran Daerah Propinsi Sumatera Barat Tahun 2005
Nomor 7); 
 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 6 
21. Peraturan Daerah Kabupaten Solok Nomor 4 Tahun 2005 tentang KLHS;
22. Peraturan Daerah Kabupaten Solok Nomor 4 Tahun 2005 tentang Rencana 
Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah Kabupaten Solok Tahun 20062025
(Lembaran
Daerah
Kabupaten
Solok
Tahun
2005
Nomor
28)

23. Peraturan Daerah Kabupaten Solok Nomor 1 Tahun 2013 tentang Rencana
Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Solok Tahun 2012-2031 (Lembaran
Daerah Kabupaten Solok Tahun 2013 Nomor 1, Tambahan Lembaran Daerah
Kabupaten Solok Nomor 52); 
24. Peraturan Daerah Kabupaten Solok Nomor 7 Tahun 2015 tentang Sistem
Perencanaan Pembangunan dan Penganggaran Daerah; 
25. Peraturan Daerah Kabupaten Solok Nomor 8 Tahun 2016 tentang
Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. 
 
1.3. MAKSUD DAN TUJUAN
Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021-2026 disusun dengan 
maksud untuk menyediakan dokumen perencanaan guna menyatukan visi dan
misi serta orientasi seluruh aparatur agar dapat bekerja sesuai dengan acuan dan
pedoman yang sama, dalam menyusun rencana dan pengendalian program serta
kegiatan pembangunan di Kabupaten Solok. 
Sedangkan tujuan yang hendak dicapai dalam penyusunan Renstra
Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021-2026 adalah : 
 
1. Merumuskan tujuan, sasaran, strategi danarah kebijakan Kecamatan Hiliran
Gumantisesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta selaras dengan RPJMD
Tahun 2021-2026; 
2. Menyediakan tolok ukur kinerja pelaksanaan program dan kegiatan
perangkat daerah untuk kurun waktu lima tahun dalam pelaksanaan tugas
dan fungsinya sebagai dasar dalam melakukan pengendalian dan evaluasi
kinerja perangkat daerah; 
3. Memberikan pedomandalam menyusun Renja Kecamtan Hiliran Gumanti
yang merupakan dokumen perencanaan perangkat daerah tahunan dalam
kurun waktu lima tahun. 
1.4. SISTEMATIKA PENULISAN
Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021-2026, disusun dengan 
sistematika sebagai berikut  :
BAB I  PENDAHULUAN
 Memuat latar belakang, landasan hukum, maksud dan tujuan 
sertasistematika penulisan
BAB II  GAMBARAN  PELAYAN PERANGKAT DAERAH
 Memuat informasi tentang tugas, fungsi, dan struktur organisasi 
perangkat daerah, sumber daya perangkat daerah mencakup sumber 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 7 
daya manusia, asset/modal, kinerja pelayanan perangkat daerah
berdasarkan sasaran/target Renstra Perangkat Daerah periode
sebelumnya, serta informasi tentang tantangan dan peluang
pengembangan pelayanan perangkat daerah 
BAB III PERMASALAHAN DAN ISU-ISU STRATEGIS PERANGKAT
DAERAH 
 Memuat tentang identifikasi permasalahan berdasarkan tugas dan
fungsi pelayanan perangkat daerah, telaahan visi, misi dan program
Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih, dan telaahan
Renstra K/L dan Renstra Perangkat Daerah provinsi/kabupaten/
kota, telaahan Rencana Tata Ruang Wilayah dan Kajian Lingkungan
Hidup Strategis serta penentuan isu-isu strategis perangkat daerah
yang akan mempengaruhi kinerja pembangunan untuk masa lima
tahun mendatang 
BAB IV    TUJUAN DAN SASARAN
 Memuat tujuan dan sasaran jangka menengah perangkat daerah
BAB V  STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN
 Memuat rumusan pernyataan strategi dan arah kebijakan perangkat 
daerah dalam lima tahun mendatang
BAB VI  RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN SERTA PENDANAAN
 Memuat rencana program dan kegiatan, indikator kinerja, kelompok 
sasaran, dan pendanaan indikatif
BAB VII    KINERJA PENYELENGGARAAN BIDANG URUSAN
BAB VIII  PENUTUP 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 8 
 

 
BAB  II
GAMBARAN PELAYANAN PERANGKAT DAERAH 
2.1. TUGAS, FUNGSI, DAN STRUKTUR ORGANISASI PERANGKAT
DAERAH 
Berdasarkan Peraturan Bupati Solok Nomor : 54 Tahun 2016 tentang
Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan Bab
III Tugas dan Fungsi Pasal 4 Ayat 1, Kecamatan mempunyai tugas sebagai berikut : 
1. Menyelenggarakan urusan pemerintahan umum.
2. Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat.
3. Mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban 
umum.
4. Mengoordinasikan penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan 
Peraturan Bupati.
5. Mengoordinasikan pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum.
6. Mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan 
oleh Perangkat Daerah Kabupaten di tingkat kecamatan/Unit Pelaksana
Teknis Dinas/Badan. 
7. Membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan desa/nagari.
8. Melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah yang 
tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintah Daerah Kabupaten yang ada di
kecamatan. 
9. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh peraturan perundangundangan.


Struktur organisasi Kecamatan Hiliran Gumanti terdiri dari Camat, 
sekretaris, kepala sub bagian, kepala sub bidang sebagai berikut :
1. Camat
2. Sekretariat, membawahi : 
a. Sub Bagian Umum Dan Kepegawaian; dan
b. Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan. 
3. Seksi Pemerintahan
4. Seksi Kesejahteraan Rakyat dan Sosial
5. Seksi Ekonomi dan Pembangunan
6. Seksi Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Penanggulangan Bencana 
7. Jabatan Fungsional Tertentu 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 9 
Pengaturan penyelenggaraan kecamatan baik dari sisi pembentukan,
kedudukan, tugas dan fungsinya secara legalistik diatur dengan Peraturan
Pemerintah. Sebagai perangkat daerah, Camat mendapatkan  pelimpahan
kewenangan yang bermakna urusan pelayanan masyarakat. Selain itu kecamatan
juga akan mengemban penyelenggaraan tugas-tugas umum pemerintahan. Camat
dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh perangkat kecamatan dan bertanggung
jawab kepada bupati/walikota melalui sekretaris daerah kabupaten/kota.
Pertanggungjawaban Camat kepada bupati/walikota melalui sekretaris daerah
adalah pertanggungjawaban administratif. Pengertian melalui bukan berarti Camat
merupakan bawahan langsung Sekretaris Daerah, karena secara struktural Camat
berada langsung di bawah bupati/walikota. 
Berdasarkan Peraturan Bupati Solok Nomor 54 Tahun 2016 tentang
Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan,
maka struktur organisasi Kecamatan Hiliran Gumanti dapat dilihat dari bagan
berikut ini : 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 10 
 

 
Gambar 2. 1 
Struktur Organisasi Kecamatan Hiliran Gumanti 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 11 
 
Uraian tugas pokok dan fungsi sampai dengan eselon empat sesuai dengan
Peraturan Bupati Solok Nomor: 54 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan
Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan sebagai berikut : 
1. Sekretariat mempunyai fungsi
a. Penyusunan  program dan anggaran meliputi penyusunan Renstra, Renja 
dan RKA;
b. penyelenggaraan Administrasi Perkantoran yang meliputi ketatausahaan, 
kepegawaian, rumah tangga, hukum, organisasi dan hubungan masyarakat;
dan 
c. penyelenggaraan urusan keuangan dan kelengkapan yang meliputi
perbendaharaan, pendapatan, pengelolaan barang milik daerah, tindak
lanjut laporan hasil pemeriksaan, monitoring dan pelaporan.
 
2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :
a. menghimpun peraturan perundang-undangan, mengolah data dan 
informasi, petunjuk teknis yang berhubungan dengan Sub Bagian Umum
dan Kepegawaian sebagai pedoman kerja; 
b. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan Sub Bagian
Umum dan Kepegawaian serta menyiapkan bahan untuk pemecahan
masalah; 
c. menyusun program dan kegiatan dengan berpedoman kepada Renstra;
d. mengatur penyaluran, pemakaian alat tulis kantor, inventaris dan 
kepustakaan; 
e. melaksanakan administrasi, penggandaan dan pendistribusian surat masuk, 
surat keluar, perjalanan dinas, penyimpanan berkas kerja, kepegawaian,
data dan bahan serta keprotokoleran; 
f. menyiapkan dan melaksanakan urusan hukum, organisasi dan hubungan
masyarakat; 
g. mengelola administrasi kepegawaian, menyusun Daftar Urut Kepangkatan
(DUK) dan Bezetting Pegawai; 
h. melakukan kajian dan analisa formasi kebutuhan pegawai pada Badan;
i. menyiapkan bahan pembinaan dan pengembangan sumber daya aparatur; 
j. menyiapkan, meneliti dan memproses bahan kenaikan pangkat, Kenaikan 
Gaji Berkala, pensiun, Cuti, Kartu Pegawai, Kartu Isteri, Kartu Suami dan
Kartu Taspen, tugas belajar, izin belajar, Pendidikan dan Pelatihan (diklat)
struktural dan fungsional; 
k. menyiapkan bahan usulan pemberian penghargaan (reward)  dan
pemberian hukuman disiplin (punish); 
l. menyiapkan dan menyampaikan laporan disiplin aparatur;
m. menjaga dan memelihara kebersihan, ketertiban, keindahan,kenyamanan, 
kelestarian lingkungan dan keamanan kantor; 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 12 
 
n. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan sub bagian
umum dan kepegawaian; dan 
o. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang
tugasnya. 

3. Sub Bagian Perencanaan, Keuangan, Evaluasi dan Pelaporanmempunyai 
tugas :
a. Menghimpun peraturan perundang-undangan, mengolah data dan 
informasi, petunjuk teknis yang berhubungan dengan Sub Bagian
Perencanaan dan Keuangan sebagai pedoman kerja; 
b. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan Sub Bagian
Perencanaan dan Keuangan serta menyiapkan bahan untuk pemecahan
masalah; 
c. menyusun program dan kegiatan dengan berpedoman kepada Renstra;
d. menghimpun, mengoordinasikan dan sinkronisasi perencanaan satuan 
kerja;
e. menyiapkan data statistik;
f. melaksanakan penatausahaan keuangan;
g. melaksanakan urusan perbendaharaan yang meliputi gaji, dan pengelolaan 
kegiatan;
h. melakukan ekstensifikasi dan intensifikasi pendapatan asli daerah;
i. melaksanakan verifikasi dan akuntansi keuangan;
j. melaksanakan inventarisasi dan dokumentasi kegiatan;
k. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan;
l. menyiapkan laporan keuangan dan tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan;
m. mengumpulkan, menghimpun, mengoordinasikan dan membuat laporan 
kemajuan pelaksanaan kegiatan;
n. menyusun laporan bulanan, triwulan, semester, laporan kinerja, LKPJ, dan 
LPPD; 
o. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan sub bagian 
perencanaan dan keuangan; dan
p. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang 
tugasnya.
 
4. Seksi Pemerintahan mempunyai uraian tugas:
a. Menghimpun dan mengolah peraturan perundang-undangan, pedoman 
dan petunjuk teknis, data dan informasi serta bahan lainnya sebagai 
pedoman dan landasan kerja; 
b. menginventarisasi permasalahan dan menyiapkan bahan petunjuk
pemecahan masalah; 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 13 
 
c. menyusun rencana, program kerja dan anggaran berbasis kinerja
berpedoman kepada rencana strategis;  
d. menyelenggarakan fasilitasi kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh
Perangkat daerah di kecamatan; 
e. menyusun data jumlah penduduk, laporan kelahiran dan kematian,
keterangan pindah/mutasi penduduk; 
f. memfasilitasi penyelenggaraan penyuluhan hukum;
g. melaksanakan pelayanan pertanahan sesuai dengan bidang tugas dan 
lingkup kewenangan kecamatan berupa menguatkan surat keterangan
tanah, menguatkan surat keterangan kewarisan dan surat pernyataan ahli
waris, menguatkan surat keterangan pemakaian tanah Negara dan
memberikan rekomendasi permohonan hak atas tanah Negara. 
h. memfasilitasi penyelenggaraan urusan kesatuan bangsa dan politik;
i. memfasilitasi proses pengangkatan dan pemberhentian perangkat nagari 
dan badan musyawarah nagari;
j. memfasilitasi penyelenggaraan Pemilihan Umum (PEMILU) dan Pemilihan 
Umum Kepala Daerah (PEMILU KADA) serta Pemilihan Wali Nagari
(PILWANA); 
k. menyusun monografi kecamatan;
l. melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap aparatur nagari dan 
evaluasi penyelenggaraan pemerintahan nagari;
m. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan; dan
n. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang 
tugasnya;
 
5. Seksi Kesejahteraan Rakyat dan Sosial mempunyai uraian tugas:
a. menghimpun dan mengolah peraturan perundang-undangan, pedoman dan 
petunjuk teknis, data dan informasi serta bahan lainnya sebagai pedoman
dan landasan kerja; 
b. menginventarisasi permasalahan dan menyiapkan bahan petunjuk
pemecahan masalah; 
c. menyusun rencana, program kerja dan anggaran berbasis kinerja
berpedoman kepada rencana strategis; 
d. menyiapkan bahan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah dan
instansi vertikal dibidang penyelenggaraan kegiatan yang berhubungan
dengan kesejahteraan rakyat dan/atau sosial;  
e. memfasilitasi kegiatan sosial, pendidikan, kesehatan dan keagamaan,
kebudayaan,olahraga, lingkungan hidup dan kebersihan di kecamatan; 
f. melaksanakan fasilitasi pananggulangan permasalahan sosial;
g. menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan kebijakan serta petunjuk 
teknis yang berkaitan dengan pemberdayaan sosial; 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 14 
 
h. memberdayakan institusi asli dan/atau yang sudah ada di masyarakat;
i. melaksanakan fasilitasi pembinaan dan pengembangan sumberdaya 
manusia untuk pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kewenangannya;
j. memfasilitasi pelaksanaan pembinaan kegiatan organisasi sosial 
kemasyarakatan;
k. menganalisis dan mengembangkan kinerja seksi; dan
l. menyusun kegiatan pendataan kader generasi muda untuk mengikuti 
Pendidikan dan Pelatihan (diklat) dan Unit Kesehatan Sekolah (UKS);
m. memfasilitasi kegiatan pembinaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan 
tenaga kesejahteraan sosial;
n. memfasilitasi pemberian bantuan kepada masyarakat dibidang sosial dan 
pendidikan;
o. memfasilitasi pelaksanaan program pembinaan kelompok sosial masyarakat;
p. membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan kesejahteraan rakyat 
dan sosial di Nagari/Desa;
q. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan; dan
r. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang 
tugasnya.
 
6. Seksi Ekonomi dan Pembangunan mempunyai uraian tugas:
a. menghimpun dan mengolah peraturan perundang-undangan, pedoman dan 
petunjuk teknis, data dan informasi serta bahan lainnya sebagai pedoman
dan landasan kerja; 
b. menginventarisasi permasalahan dan menyiapkan bahan petunjuk
pemecahan masalah; 
c. menyusun rencana, program kerja dan anggaran berbasis kinerja
berpedoman kepada rencana strategis;  
d. memfasilitasi kegiatan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan
umum; 
e. menyusun pelaporan pelaksanaankegiatan ekonomi, pembangunan dan
pemberdayaan masyarakat serta pemeliharaan sarana dan prasarana umum; 
f. melaksanakan lomba nagari berprestasi tingkat kecamatan;
g. melaksanakan pembinaan penyusunan profil nagari dan menyusun profil 
Kecamatan;
h. memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat 
(BBGRM) dan urusan pembangunan di Kecamatan;
i. melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) 
Kecamatan;
j. membina Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM);
k. membina penyusunan profil nagari/desa; 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 15 
 
l. membina kegiatan badan usaha milik nagari;
m. memfasilitasi pelaksanaan program usaha ekonomi produktif generasi 
muda; 
n. memfasilitasi pelaksanaan pembentukan kelompok usaha bersama;
o. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan; dan
p. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang 
tugasnya.
 
7. Seksi Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Penanggulangan Bencana
mempunyai uraian tugas: 
a. menghimpun dan mengolah peraturan perundang-undangan, pedoman dan
petunjuk teknis, data dan informasi serta bahan lainnya sebagai pedoman
dan landasan kerja; 
b. menginventarisasi permasalahan dan menyiapkan bahan petunjuk
pemecahan masalah; 
c. menyusun rencana, program kerja dan anggaran berbasis kinerja
berpedoman kepada rencana strategis; 
d. melaksanakan evaluasi dan pelaporan  ketentraman, ketertiban umum,
penanggulangan bencana, penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan
Peraturan Bupati di wilayah Kecamatan; 
e. membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan ketentraman,
ketertiban umum dan penanggulangan bencana di Nagari; 
f. memantau, mensosialisasikandan melaksanakan penerapan dan penegakan
Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati di wilayah kecamatan; 
g. memantau setiap kegiatan masyarakat yang bersifat hambatan, tantangan,
ancaman dan gangguan  serta kegiatan-kegiatan yang menjurus pada
perbedaan unsur Suku, Ras, Agama, Antar Golongan (SARA) baik
organisasi partai politik, organisasi massa, organisasi kepemudaan dan
organisasi lainnya yang bisa membahayakan keamanan dan ketertiban di
Kecamatan; 
h. melaksanakan pembinaan linmas yang berada di wilayah kerja kecamatan;
i. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan; dan
j. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang 
tugasnya.
 
Sedangkan tugas dari Kelompok Jabatan Fungsional di Kecamatan  juga
telah dijelaskan dalam Peraturan Bupati Solok Nomor : 54 Tahun 2016 tentang
Kedudukan, Susunan Organisasi, dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan pada
Bab IV Pasal 5 Ayat 1 yaitu melaksanakan tugas khusus sesuai dengan bidang
keahlian dan ketentuan peraturan perundang-undangan.  
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 16 
 
 
Selain tugas dalam menyelenggarakan tugas umum pemerintahan,
Kecamatandiberi kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati
untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah sebagaimana tertuang dalam
peraturan dalam Peraturan Bupati Solok Nomor : 25/Bup-2016 tentang
Kewenangan Bupati yang Dilimpahkan kepada Camat di Lingkungan
Pemerintahan Kabupaten Solok yang   meliputi : 
1. Kewenangan Perizinan.
2. Kewenangan Rekomendasi.
3. Kewenangan Pembinaan.
4. Kewenangan Pengawasan.
5. Kewenangan Fasilitasi.
6. Kewenangan Pemerintahan Umum. 
2.2. SUMBER DAYA PERANGKAT DAERAH
2.2.1. Sumber Daya Manusia  
Para pegawai sebagai unsur aparatur pemerintah sekaligus sebagai pelayan
masyarakat sudah barang tentu akan selalu bersinggungan dengan pemerintah
Nagari dan masyarakat dalam setiap pelaksanaan tugas dan pelayanan, sehingga
diperlukan sumber daya aparatur yang berkualitas dan memiliki integritas
terhadap instansi kecamatan. 
Adapun data aparatur pada kantor Kecamatan Hiliran Gumantidapat dilihat
susunan kepegawaian Kecamatan Hiliran Gumanti, sebagai berikut : 
1. Kondisi Kepegawaian berdasarkan Jabatan :
a. Kepala Kecamatan/Eselon III A :  1 orang
b. Sekretaris Kecamatan/Eselon III B  :  1 orang
c. Kepala Seksi/Eselon IV A :  4 orang
d. Kepala Sub Bagian/Eselon IV B :  1 orang
e. Staf Pelaksana  :  3 orang 

2. Kondisi Kepegawaian berdasarkan Pangkat dan Golongan : 
a. Golongan IV  :  3 orang
b. Golongan III  :  4 orang
c. Golongan II  :  3 orang 

3. Kondisi Kepegawaian berdasarkan Tingkat Pendidikan : 
a. Pasca Sarjana (S2) :  2 orang
b. Sarjana  (S1)  :  4 orang
c. Dilpoma III :  - orang
d. Dilpoma I :  -  orang
e. SLTA/sederajat  :  4 orang 

 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 17 
 
2.2.2. Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana sangat dibutuhkan untuk kelancaran pelaksanaan 
tugas dan fungsi. Adapun kondisi sarana dan prasarana yang ada saat ini sebagian
ada dalam kondisi Baik (B), Rusak Ringan (RR), dan Rusak Berat (RB). Lebih jelas
kondisi sarana dan prasarana Kecamtan Hiliran Gumanti saat ini dapat dilihat pada
Tabel 2.1. 
Tabel 2. 1. 
Kondisi Asset OPD Rekapitulasi Sarana dan Prasarana  
Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 
No Jenis Asset Satuan Jumlah
Kondisi 
B RR RB
1 2 3 4 5 6 7
1 Mobil dinas ( isuzu) Unit 1    
2 Sepeda Motor Unit 6   
3 Lemari Penyimpanan  Unit 6   
4 Kasur Buah 1   
5 Kursi Rapat Buah 23   
6 Kursi Tamu Set 1   
7 Kursi Putar Buah 2   
8 Tenda Set 2   
9 Sofa Set 2   
10 Kursi Kerja Unit 9   
11 Gordyn Unit 1   
12 Rak tv Unit 1   
13 Kipas Angin Buah 1   
14 Televisi Buah 3   
15 Lampu Hias / sorot Pasang 1   
16 Komputer PC Unit 4   
17 Laptop Unit 4   
18 Note Book Unit 1   
19 Printer Unit 6   
20 Meja Kerja Unit 14   
21 Kursi Ruang Tunggu  Set 3   
22 Sound Sistim Set 1   
23 Mesin Potong Rumput Buah 1   
24 UVS UNIT 3    
25 Meja Rapat Pejabat Unit 1   
26 Wireless Unit 2    

Keberadaan sumberdaya manusia serta sumberdaya sarana dan prasarana 
di Kantor Camat Hiliran Gumanti dapat memperkuat keberadaan Kantor Camat
Hiliran Gumanti, sebaliknya jika tidak terpenuhi secara optimal juga dapat menjadi
kelemahan yang akan memperlambat tercapainya kinerja. Adapun kekuatan dan
kelemahan Kantor Camat Hiliran Gumanti berdasarkan sumberdaya yang ada
dapat dilihat pada Tabel 2.2. 

 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 18 
 
Tabel 2. 2 
Rekapitulasi Sumber Daya Kantor Camat Hiliran Gumanti Tahun 2021 
No Uraian Kekuatan Kelemahan 
1
Sumber Daya 
 
 
 
Manusia
  
a. Berdasarkan jenis
kelamin 
b. Berdasarkan
golongan 
c. Berdasarkan
tingkat pendidikan 
Jumlah aparatur laki-laki
lebih banyak dari 
perempuan sehingga untuk
kegiatan-kegiatan yang
mengharuskan terjun
langsung kelapangan bisa
lebih maksimal dilakukan 
Aparatur Kantor Camat
Hiliran Gumanti
didominasi oleh golongan
III, sehingga secara
kemampuan dalam
menjalankan Tupoksi
Kantor Camat Hiliran
Gumanti cukup baik 
Aparatur Kantor Camat
Hiliran Gumanti degan
tingkat pendidikan tamatan
S1 dan SMA sama banyak,
sehingga mempunyai
kemampuan yang cukup
baik dalam menjalankan
tusinya  
2 Aset
Sudah tersedia sarana dan 
prasarana untuk
menunjang pelaksanaan
tusi 
   Sumber: Kantor Camat Hiliran Gumanti 2021
 
Beberapa tugas tertentu lebih
membutuhkan aparatur
perempuan 
Aparatur Kantor Camat
Hiliran Gumanti golongan II
sangat terbatas, sehingga
untuk pekerjaan teknis seperti
bendahara, operator komputer
dan lainnya masih
kekuarangan personil 
Kantor Camat Hiliran
Gumanti membutuhkan
aparatur dari semua
klasifikasi pendidikan untuk
menunjang pelaksanaan
tusinya, sementara saat ini
aparatur yang ada belum
memenuhi semua klasifikasi
pendidikan yang dibutuhkan,
kalaupun ada jumlahnya
masih sangat terbatas  
Beberapa sarana dan
prasarana masih kurang,
seperti kursi pejabat yang
kondisinya banyak yang rusak
berat dan lemari arsip yang
juga dalam konsisi rusak
berat. 
2.3. KINERJA PELAYANAN PERANGKAT DAERAH
Berdasarkan Peraturan Bupati Solok Nomor : 25/Bup-2016 tentang 
Kewenangan Bupati yang Dilimpahkan kepada Camat di Lingkungan
Pemerintahan Kabupaten Solok terdapat 2 (dua) urusan Bupati yang dilimpahkan
kepada Camat meliputi Bidang Perizinan dan Non Perizinan. Pelimpahan tersebut
dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga tercipta
pelayanan masyarakat yang professional, transparan, efektif dan efisien.  
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 19 
 
Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa jenis pelayanan utama yang ada di
Kecamatan Hiliran Gumanti, namun secara umum pelayanan di Kecamatan Hiliran
Gumanti dapat dikelompokkan sebagai berikut:  
1. Pelayanan teknis administrasi baik ke dalam maupun keluar 
2. Pelayanan legalisasi surat-surat dan rekomendasi kepada masyarakat 
3. Pelayanan bersifat penyediaan data atau informasi Dinas Instansi yang
berada di Wilayah Kecamatan maupun Pemerintah Kabupaten Solok 
4. Pelayanan kepada Pemerintahan Nagari, dan Masyarakat sehubungan
dengan Penyelenggaraan Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan dan
Pembinaan Kemasyarakatan. 

Kinerja pelayanan Kecamatan Hiliran Gumanti diukur berdasarkan target 
yang telah ditetapkan dalam tabel 4.1 Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti tahun
2016 -2021, seperti terlihat pada Tabel dibawah ini : 
Tabel 2. 3
Target Kinerja OPD Kecamatan Hiliran Gumanti  
Kabupaten Solok 2016 – 2020 
Sasaran Kinerja
Target 
No Tujuan Sasaran
Indikator Tujuan / 
1 Meningkatkan
kualitas
pelayanan
public 
2 Meningkatkan
tertib
administrasi
Nagari 
3 Meningkatkan
pemberdayaan
masyarakat
dalam
pembangunan 
Meningkatnya
kepuasa
masyarakat
terhadap
pelayanan
public 
Meningkatnya
kepatuhan
nagari dalam
penataan
administrasi 
Meningkatnya
partisipasi
masyarakat
dalam
pembangunan 
Indeks kepuasan
masyarakat 
2016 2017 2018 2019 2020 
n/a n/a 3,4 3,42 3,43
Persentase pengaduan 
masyarakat yang
ditindaklanjuti 
Persentase gangguan
trantibmas yang
ditindaklanjuti 
Persentase Nagari tertib
administrasi keuangan
dan pemerintahan 
Persentase Nagari
dengan pelaporan ADN
tepat waktu 
Persentase Nagari yang
menetapkan APB tepat
waktu 
Persentase usulan
musrembang kecamatan
yang tertampung dalam
dokumen RKPD 
n/a n/a 100% 100% 100% 
n/a n/a 100% 100% 100% 
n/a n/a 100% 100% 100% 
n/a n/a 100% 100% 100% 
n/a n/a 100% 100% 100% 
n/a n/a 24% 30% 50% 
Persentase capaian PAD
n/a n/a 100% 100% 100% 

Selanjutnya berhubungan dengan pencapaian kinerja pelayanan Kecamatan 
Hiliran Gumanti selama periode perubahan renstra tahun 2021-2026 cukup baik, hal
ini dapat dinilai dari rasio capaian indicator kinerja Kecamatan Hiliran Gumanti
pada tahun 2020 dapat terealisasi sebesar 94% dari target yang telah ditentukan.
Untuk lebih detil tentang pencapaian kinerja pelayanan Kecamatan Hilirann
Gumanti dapat dilihat dari Tabel 2.4. 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 20 
 
 
Tabel 2. 4 
Pencapaian Kinerja OPD Kecamatan Hiliran Gumanti  
Kabupaten Solok 2016 – 2020 
No Indikator Sasaran/Kinerja
Target  Realisasi  Rasio Capaian (%) 
2016 2017 2018 2019 2020 2016 2017 2018 2019 2020 2016 2017 2018 2019 2020 
1 Indeks kepuasan masyarakat
n/a n/a 3,4 3,42 3,43 n/a n/a 3,41 3,53 3,41 n/a n/a 100% 103% 99% 
2
Persentase pengaduan
masyarakat yang
ditindaklanjuti 
3
Persentase gangguan trantibmas 
n/a n/a 100% 100% 100% n/a n/a 90% 90% 90% n/a n/a 90% 90% 90% 
yang ditindaklanjuti
n/a n/a 100% 100% 100% n/a n/a 90% 90% 90% n/a n/a 90% 90% 90% 
4
Persentase Nagari tertib
administrasi keuangan dan
pemerintahan 
5
Persentase Nagari dengan 
n/a n/a 100% 100% 100% n/a n/a 90% 90% 90% n/a n/a 90% 90% 90% 
pelaporan ADN tepat waktu
n/a n/a 100% 100% 100% n/a n/a 90% 90% 90% n/a n/a 90% 90% 90% 
6
Persentase Nagari yang 
menetapkan APB tepat waktu
n/a n/a 100% 100% 100% n/a n/a 90% 90% 90% n/a n/a 90% 90% 90% 
7
Persentase usulan musrembang
kecamatan yang tertampung
dalam dokumen RKPD 
n/a n/a 24% 30% 50% n/a n/a 30% 50% 50% n/a n/a 125% 167% 100% 
8 Persentase capaian PAD
n/a n/a 100% 100% 100% n/a n/a 100% 90% 102% n/a n/a 100% 90% 102%

Rata-Rata Rasio Capaian n/a n/a 97% 101% 94% 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 21 
 
2.4. TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN PELAYANAN
PERANGKAT DAERAH 
Secara menajerial Kecamatan Hiliran Gumanti sebagai Satuan Organisasi di
lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok dalam melaksanakan tugas pokok dan
fungsi dan perkembangan organisasinya dipengaruhi oleh lingkungan yang bersifat
strategis. Secara terstruktur, lingkungan strategis dimaksud adalah berupa
Lingkungan Internal organisasi yang terdiri atas dua faktor strategi yaitu kekuatan
dan kelemahan serta Lingkungan Eksternal organisasi yang terdiri dari dua faktor
strategi yaitu tantangan dan peluang yang diperoleh melalui pendekatan analisis
SWOT (Strengths. Weaknesses, Opportunities, Treaths). dapat dikemukakan sebagai
berikut : 
1. Strengths (Kekuatan)
a. Pelaksanaan PATEN untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. 
b. Komitmen internal aparatur Kecamatan Hiliran Gumantiuntuk
meningkatkan kualitas pelayanan prima dan pelaksanaan tupoksi. 
c. Hubungan kerjasama yang baik antar aparatur kecamatan.
d. Hubungan komunikasi yang solid dan baik antara forum komunikasi 
pimpinan kecamatan.
e. Koordinasi dan keterpaduan antar lembaga di kecamatan.
f. Baiknya hubungan komunikasi antar stakeholder terkait. 

2. Weaknesses(Kelemahan) 
a. Masih terbatasnya personil dan kurangnya kualitas SDM Aparatur
Kecamatan terhadap pemahaman tupoksi. 
b. Sarana dan prasarana yang kurang memadai dalam pelaksanaan
tupoksi. 
c. Kecamatan Hiliran Gumanti berada pada lokasi rawan bencana.
 
3. Opportunities(Peluang)
a. Komitmen kepala daerah beserta aparaturnya dalam pembangunan. 
b. Adanya Musrenbang Nagari dan Kecamatan sebagai forum menampung
aspirasi dari bawah. 
c. Adanya Kejelasan regulasi terkait pelaksanaan tugas pokok dan fungsi.
d. Kecamatan Hiliran Gumanti memiliki ketersediaan sumber daya alam 
dan berpotensi dikembangkan sebagai destinasi wisata dan pertanian.
e. Globalisasi.
f. Mudahnya mengakses informasi dan teknologi.
g. Tersedianya balai/lembaga penelitian dan/atau keterampilan. 

 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 22 
 

4. Threats (Ancaman) 
a. Kurangnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
b. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam penerapan nilai-nilai norma 
adat yang berlaku di masyarakat.
c. Kurangnya kepedulian masyarakat dalam menjaga kelestarian 
lingkungan.
d. Adanya imbas dari pengaruh globalisasi.
e. Dampak negatif dari kemajuan teknologi informasi.

Berdasarkan hasil analisa terhadap kekuatan/potensi dan kelemahan serta 
peluang dan ancaman yang diperkirakan muncul, maka perumusan strategi yang di
perlukan untuk memanfaatkan dan mengatasi berbagai kemungkinan tersebut
dilakukan melaui tahap analisa strategi. Hasil analisa strategi tersebut dirumuskan
menjadi strategi kekuatan-peluang (strengths-opportunites) berikut ini : 
1. Memperkuat kebersamaan komitmen internal aparatur Kecamatan Hiliran
Gumanti untuk meningkatkan kualitas pelayanan prima dan pelaksanaan
tugas pokok dan fungsi sebagai team work. 
2. Meningkatkan daya jangkau dan kualitas Kecamatan Hiliran Gumantidalam
memfasilitasi partisipan masyarakat. 
3. Mengoptimalkan nilai strategis dan dukungan prasarana Kecamatan Hiliran
Gumantiuntuk menjalankan program. 
4. Melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan Muspika dan lembagalembaga
nagari,
adat
dan
ormas
yang
ada
di
kecamatan.

Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 23 
 
 
BAB  III
PERMASALAHAN DAN ISU – ISU STRATEGIS   
PERANGKAT DAERAH 
3.1. IDENTIFIKASI PERMASALAHAN BERDASARKAN TUGAS DAN
FUNGSI PELAYANAN PERANGKAT DAERAH 
Secara menajerial Kecamatan Hiliran Gumanti sebagai Satuan Organisasi di
lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok dalam melaksanakan tugas pokok dan
fungsi dan perkembangan organisasinya dipengaruhi oleh lingkungan yang bersifat
strategis. Secara terstruktur, lingkungan strategis dimaksud adalah berupa
Lingkungan Internal organisasi yang terdiri atas dua faktor strategi yaitu kekuatan
dan kelemahan serta Lingkungan Eksternal organisasi yang terdiri dari dua faktor
strategi yaitu tantangan dan peluang yang diperoleh melalui pendekatan analisis
SWOT (Strengths. Weaknesses, Opportunities, Treaths). Dapat dikemukakan sebagai
berikut : 
1. Masih terbatasnya personil dan kurangnya kualitas SDM Aparatur
Kecamatan terhadap pemahaman tupoksi yang perlu penambahan personil
aparatur sesuai kebutuhan dan pembinaan/pelatihan dalam rangka
peningkatan tugas dan fungsi. 
2. Sarana dan prasarana yang kurang memadai dalam pelaksanaan tupoksi
yang butuh pemenuhan dan pembehanan sehingga proses pelayanan dapat
berjalan optimal. 
3. Kondisi geografis yang menyebar dengan medan yang bervariatif perlu
disikapi dengan pembenahan infrastruktur di lapangan dan melengkapi
sarana transportasi/mobilisasi yang memadai untuk mendekatkan
pelayanan dan terhadap masyarakat serta peningkatan koordinasi dengan
pemerintahan nagari dan elemen terkait. 
4. Kecamatan Hiliran Gumanti termasuk lokasi rawan bencana yang perlu
mengintensifkan Sosialisasi Pencegahan dan Tanggap Darurat Bencana
terhadap masyarakat umumnya yang berada di zona merah khususnya. 
5. Kurangnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan akibat merasa
kurang didengar masukannya yang perlu dilakukan pendekatan secara
berjenjang dan pembenahan dalam menanpung aspirasi dari seluruh elemen
masyarakat. 
6. Dampak negatif dari teknologi informasi perlu disikapi dengan himbauan
dan ajakan kepada masyarakat untuk mendekatkan diri pada kegiatan
agama dan adat istiadat yang bermanfaat agar jangan terlena/lupa diri,
kenakalan dan ketimpangan/gejolak sosial di masyarakat. 

Menyikapi atas isu-isu strategis diatas, perlu dilakukan identifikasi dan 
analisis secara mendalam dan komprehensif permasalahan yang ditemui dalam
pelaksanaan tugas dan fungsi pelayanan OPD yang ditinjau dari dua kondisi,
diantaranya : 
Rancangan Akhir Renstra Kec.Hiliran Gumanti Kab.Solok Tahun 2021-2026 24 
 
3.1.1. Identifikasi dan Analisis Kondisi Internal 
A. Identifikasi dan Analisis Kekuatan  
Berdasarkan hasil analisis, dapat diidentifikasi beberapa faktor kekuatan
yang sangat berpengaruh pada keberhasilan Kecamatan Hiliran Gumanti dalam
mencapai visi dan misi kecamatan yang mendukung pencapaian Visi Dan Misi
Kepala Daerah dibutuhkan Struktur Organisasi Kecamatan yang telah dibentuk
berdasarkan pada Peraturan Bupati Solok Nomor 54 Tahun 2016 Tentang
Struktur Organisasi Kecamatan, Adapun mengenai kedudukan, tugas pokok
dan fungsi tersebut adalah:  
1. Adapun kedudukan kecamatan merupakan perangkat daerah sebagai
pelaksana teknis kewilayahan yang mempunyai wilayah kerja tertentu,
yang dipimpin oleh seorang kepala kecamatan atau camat yang berada
dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris
Daerah.  
2. Susunan kerja diKecamatan Hiliran Gumanti yang kondusif, melalui
hubungan kerja yang dibangun secara kekeluargaan dan demokratis
sehingga sangat bermanfaat dalam mengembangkan kreativitas indifidual
maupun kelompok (Team Work); 
3. Sarana dan prasarana kerja diKecamatan Hiliran Gumanti sekalipun dengan
segala keterbatasan kualitas dan kuantitas namun sangat membantu
pelaksanaan tugas sehari-hari, meliputi gedung, ruang kantor, ruang
pertemuan, sarana tranportasi. peralatan dan perlengkapan kantor.  
4. Hubungan dinamis di dalam/ dengan masing-masing SKPD dengan
pendekatan politik, teknokratik, partisifatif atas-bawah (Top Down) dan
bawah-atas (Bottom Up).  

B. Identifikasi Dan Analisis Kelemahan  
Setelah memiliki beberapa kekuatan seperti te