LKJiP

By Kecamatan Hiliran Gumanti 24 Feb 2022, 10:33:19 WIB


 
 
PEMERINTAH KABUPATEN SOLOK
KECAMATAN HILIRAN GUMANTI 


 
 

 
LAPORAN KINERJA 
INSTANSI PEMERINTAH
(LKJIP) TAHUN 2021 

 
Jl. Raya Talang Babungo – Kiliran Jao 
Kecamatan Hiliran Gumanti 
Kabupaten Solok
2022 
DAFTAR ISI  

KATA PENGANTAR ............................................................................................... i 
DAFTAR ISI ..............................................................................................................ii 
DAFTAR TABEL .................................................................................................... iii 
RINGKASAN  EKSEKUTIF .................................................................................. v 
BAB I  PENDAHULUAN ........................................................................................ 1 
1.1. LATAR BELAKANG ................................................................................. 1
1.2. LANDASAN HUKUM .............................................................................. 1
1.3. MAKSUD DAN TUJUAN ......................................................................... 2
1.4. GAMBARAN UMUM KECAMATAN HILIRAN GUMANTI ............ 3 
1.4.1. Keadaan Geografis ...................................................................................... 3
1.4.2. Tugas dan Fungsi Organisasi .................................................................... 4
1.4.3. Struktur OPD Kecamatan Hiliran Gumanti ............................................ 5
1.4.4. Sumber Daya Manusia OPD Kecamatan Hiliran Gumanti ................... 7
1.4.5. Isu – Isu Strategis Organisasi ..................................................................... 8 
1.5. SISTEMATIKA PENYAJIAN .................................................................... 9
BAB II  PERENCANAAN KINERJA .................................................................. 10 
2.1. TUJUAN DAN SASARAN...................................................................... 10
2.1.1. Tujuan ......................................................................................................... 12 
2.1.2. Sasaran ........................................................................................................ 12 
2.2. STRATEGI ................................................................................................. 13 
2.3. SASARAN DAN PROGRAM ................................................................. 14 
2.4. INDIKATOR KINERJA UTAMA (IKU) ................................................ 14 
2.5. PERJANJIAN  KINERJA TAHUN 2021 ................................................ 15 
2.6. PENETAPAN KINERJA TAHUN 2021................................................. 16 
BAB III AKUNTABILITAS KINERJA ............................................................... 18 
3.1. CAPAIAN KINERJA ................................................................................ 18
3.1.1. Kerangka Pengukuran Kinerja ................................................................ 18 
3.1.2. Capaian Indikator Kinerja Utama ........................................................... 19
3.1.3. Evaluasi dan Analisis Capaian Kinerja Sasaran Strategis ................... 21 
3.2. REALISASI ANGGARAN ....................................................................... 48 
BAB IV PENUTUP ................................................................................................. 51 

 
4.1 TINJAUAN UMUM ................................................................................. 51 
4.2 TINJAUAN KHUSUS .............................................................................. 51 
4.3 SARAN TINDAK LANJUT ..................................................................... 52 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
ii 
 
ii 
 
DAFTAR TABEL 
Tabel 1.1   Daftar Nagari, Jorong dan Pusat Pemerintahan Nagari  di Lingkup
Kecamatan Hiliran Gumanti Kab Solok ......................................................... 4 
Tabel 1.2  Jumlah ASN Kecamatan Hiliran Gumanti  berdasarkan
Pangkat/Golongan Ruang ............................................................................... 7 
Tabel 1. 3   SDM Kantor Camat Hiliran Gumanti  Berdasarkan Jabatan Dan
Jumlah Pegawai ................................................................................................. 7 
Tabel 2. 1  Visi dan Penjelasan Visi Kepala Daerah ....................................................... 10
Tabel 2. 2  Kesesuaian Tujuan dan Sasaran .................................................................... 13
Tabel 2. 3  Strategi dan Arah Kebijakan .......................................................................... 13
Tabel 2. 4   Sasaran dan Program ...................................................................................... 14
Tabel 2. 5  Indikator Kinerja Utama (IKU) ...................................................................... 14
Tabel 2. 6  Perjanjian Kinerja Kecamatan Hiliran Gumanti.......................................... 15
Tabel 2. 7  Penetapan Kinerja Kecamatan Hiliran Gumanti 2021 ............................... 17
Tabel 3. 1  Predikat Evaluasi Akuntabilitas Kinerja  Instasi Pemerintah .................. 19
Tabel 3. 2  Capaian IKU  Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 .......................... 20
Tabel 3.3  Target dan Realisasi Indikator dari Sasaran Strategis  
Meningkatnya Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Kecamatan
Hiliran Gumanti Tahun 2021 ........................................................................ 21 
Tabel 3. 4  Realisasi Indikator Kinerja Indeks Kepuasan Masyarakat
Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 ................................................... 22 
Tabel 3. 5  Informasi Jenis Pelayanan Administrasi Terpadu  Kecamatan
(PATEN) Hiliran Gumanti ............................................................................ 22 
Tabel 3. 6  Unsur Layanan Penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat 
Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 ................................................... 23 
Tabel 3. 7  Perkembangan IKU Indeks Kepuasan Masyarakat  Kecamatan
Hiliran Gumanti Kab Solok 2021 .................................................................. 23 
Tabel 3. 8  Tingkat Efektifitas dan Efiisiensi Indikator Kinerja Indeks
Kepuasan Masyarakat Yang Diakomodir Dalam Dokumen
Perencanaan .................................................................................................... 25 
Tabel 3. 9  Pogram/Kegiatan/Sub-Kegiatan Yang Menunjang  Indikator
Indeks Kepuasan Masyarakat Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun
2021 ................................................................................................................... 26 
Tabel 3. 10  Pagu Anggaran dan Rekapitulasi Penyerapan Anggaran Nagari di
Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 ................................................... 27 
Tabel 3. 11  Daftar Nagari yang Melaksanakan Siskeudes di  Kecamatan
Hiliran Gumanti Tahun 2021 ........................................................................ 27 
Tabel 3. 12  Realisasi Indikator Kinerja Cakupan Nagari Yang  Melaksanakan
Siskeudes Dengan Kategori Optimal Kecamatan Hiliran Gumanti
Tahun 2021 ...................................................................................................... 28 
Tabel 3. 13  Perkembangan IKU  Cakupan Nagari Yang Melaksanakan
Siskeudes Dengan Kategori Optimal  Kecamatan Hiliran Gumanti
Kab Solok 2021 ................................................................................................ 28 
Tabel 3. 14  Tingkat Efektifitas dan Efiisiensi Indikator Kinerja  Cakupan
Nagari yang Melaksanakan Siskudes dengan Kategori Optimal
Yang Diakomodir Dalam Dokumen Perencanaan .................................... 30 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
iii 
 
iii 
Tabel 3. 15  Pogram/Kegiatan/Sub-Kegiatan Yang Menunjang Indikator
Cakupan Nagari yang Melaksanakan Siskeudes dengan Kategori
Optimal Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 .................................... 31 
Tabel 3. 16  Realisasi Indikator Kinerja Cakupan Penanggulangan Bencana
Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 ................................................... 32 
Tabel 3. 17  Perkembangan IKU Cakupan Penanggulangan Bencana 
Kecamatan Hiliran Gumanti Kab Solok 2021 ............................................. 32 
Tabel 3. 18  Tingkat Efektifitas dan Efiisiensi Kinerja Sasaran Meningkatnya
Usulan Masyarakat Yang Diakomodir Dalam Dokumen
Perencanaan .................................................................................................... 34 
Tabel 3. 19  Pogram/Kegiatan/Sub-Kegiatan Yang Menunjang  Indikator
Cakupan Penanggulangan Bencana Kecamatan Hiliran Gumanti
Tahun 2021 ...................................................................................................... 35 
Tabel 3. 20 Realisasi Indikator Kinerja Jumlah Inovasi  Kecamatan Hiliran
Gumanti Tahun 2021 ...................................................................................... 36 
Tabel 3. 21  Daftar Inovasi Kecamtan Hiliran Gumanti Tahun 2021 ........................... 36
Tabel 3. 22  Perkembangan IKU Jumlah Inovasi Kecamatan  Kecamatan 
Hiliran Gumanti Kab Solok 2021 .................................................................. 39
Tabel 3. 23  Tingkat Efektifitas dan Efiisiensi Indikator Kinerja Jumlah Inovasi 
Kecamatan Yang Diakomodir Dalam Dokumen Perencanaan ................ 40
Tabel 3. 24  Pogram/Kegiatan/Sub-Kegiatan Yang Menunjang  Indikator 
Kinerja Jumlah Inovasi Kecamatan Kecamatan Hiliran Gumanti
Tahun 2021 ...................................................................................................... 41 
Tabel 3. 29 Realisasi Indikator Kinerja Indeks Kepuasan Aparatur Kecamatan
Hiliran Gumanti Tahun 2021 ........................................................................ 42 
Tabel 3. 30  Unsur Layanan Penilaian Indek Kepuasan Aparatur  Kecamatan
Hiliran Gumanti Tahun 2021 ........................................................................ 43 
Tabel 3. 31  Perkembangan IKU Indeks Kepuasan Aparatur  Kecamatan
Hiliran Gumanti Kab Solok 2021 .................................................................. 43 
Tabel 3. 32  Tingkat Efektifitas dan Efiisiensi Indikator Kinerja Indeks
Kepuasan Aparatur Yang Diakomodir Dalam Dokumen
Perencanaa ....................................................................................................... 45 
Tabel 3. 33  Pogram/Kegiatan/Sub-Kegiatan Yang Menunjang  Indikator
Kinerja Indeks Kepuasan Aparatur Kecamatan Hiliran Gumanti
Tahun 2021 ...................................................................................................... 46 
Tabel 3. 34 Realisasi Anggaran Tahun 2021  Kecamatan Hiliran Gumanti ............... 48
 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
iv 
 
iv 
RINGKASAN  EKSEKUTIF 


Tugas   pokok   Pemerintah   Kecamatan   yaitu   menjalankan   
kewenangan pemerintah dalam rangka membantu Bupati dalam
penyelenggaraan dan pembinaan kemasyarakatan di wilayah Kecamatan
dan melaksanakan tugas pemerintah lainnya yang tidak termasuk dalam
tugas Perangkat Daerah yang dilimpahkan ke Kecamatan dalam rangka
pembinaan serta mengkoordinasikan pelaksanaan tugas unit pelaksana
teknis yang ada di Kecamatan. 
Dalam Tahun Anggaran 2021 Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten
Solok telah menetapkan penetapan kinerja sebanyak 3 (Tiga) Sasaran
Strategis dengan 3 Indikator kinerja yang didukung oleh 6 (enam) Program
dan 23 (dua puluh tiga) Kegiatan pada awal tahun 2021, yang kemudian
dilakukan perubahan penetapan kinerja menjadi 2 (dua) Sasaran Strategis
dengan 6 Indikator kinerja yang didukung oleh 6 (enam) Program, 12 (dua
belas) Kegiatan dan 24 (dua puluh empat) Sub-Kegiatan. 
Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok dalam tahun anggaran
2021 dialokasi anggaran sebesar Rp. 1.666.780.195,- dan terealisasi sebesar
Rp. 1.448.270.684,- atau jika dipresentasekan mencapai tingkat realisasi
86,89%. 
Keberhasilan capaian indikator kinerja sasaran tersebut di atas sesuai
dengan Perjanjian Kinerja Kecamatan Hiliran Gumanti dan tidak terlepas
pula dari dukungan semua pihak yang terkait.  
 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 

 

1.1. LATAR BELAKANG 
BAB I 
PENDAHULUAN 

 
Reformasi birokrasi bertujuan untuk mewujudkan Good Governance,
yaitu : pemerintahan yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi, efektif,
efisien serta memberikan pelayanan publik yang baik dan berkualitas, sesuai
dengan amanat Undang-undang nomor 28 Tahun 1999 tentang
Penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan
nepotisme. Good governance akan terwujud jika pemerintahan berorientasi
pada hasil, artinya setiap program dan kegiatan dari penyelenggaraan
negara harus dapat dipertanggungjawabkan hasilnya. 
Tingkat keberhasilan atau kegagalan program dan kegiatan
penyelenggaraan negara diukur melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja
Instansi Pemerintah (SAKIP). Dalam sistem ini ditetapkan perencanaan
kinerja serta capaian yang dihasilkan sehingga pada akhir periode anggaran
dapat dinilai tingkat keberhasilan program dan kegiatan yang dilaksanakan.
Tata cara penyusunannya diatur dalam Peraturan Menteri Negara
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun
2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata
Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah. 
SAKIP merupakan laporan kinerja tahunan yang berisi gambaran
kinerja instansi dalam satu tahun serta sebagai pedoman dalam rangka
pengambilan kebijakan pembangunan untuk tahun berikutnya. Dalam
sistem ini setiap instansi merencanakan sendiri, melaksanakan, mengukur
dan memantau kinerjanya sendiri serta melaporkannya kepada instansi yang
lebih tinggi dan menjadi alat penilai terhadap kuantitas dan kualitas kerja. 
Pemerintah yang baik dan bersih merupakan prasyarat bagi setiap
pemerintahan untuk mewujudkan aspirasi dan tuntutan masyarakat dalam
mencapai tujuan serta cita-cita berbangsa dan bernegara. Untuk itu
diperlukan penerapan sistem pertanggungjawaban yang tepat, jelas, terukur
dan legitimate serta akuntabel sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan
pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna, berhasil guna, bersih
dan bertangggungjawab.  
 
1.2. LANDASAN HUKUM  
Landasan Hukum penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah
(LKjIP)  Kecamatan Hiliran Gumanti , Kabupaten Solok Tahun 2021 adalah
sebagai berikut ;  
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 

 

1. Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara
yang mengisyaratkan pentingnya Akuntabilitas dalam Perencanaan
Anggaran dan Pertanggung jawaban 
2. Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan
keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah ( Lembaran Negara
Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 25, Tambahan Lembaran
Negara Republik Indonesia Nomor 4614); 
3. Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 tentang tata cara
Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan (
lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 96,
tambahan Lembaran Negara Republik Indonesai Nomor 4663); 
4. Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2006 tentang Tata Cara
Penyusunan Rencana Pembangunan Nasional ( lembaran Negara
Republik Indonesia Tahun 2006 tambahan Lembaran Negara Republik
Indonesia Nomor 4664); 
5. Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan Cara,
Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana
Pembangunan Daerah ( Lembaran Negara Republik Indonesai Tahun
2008 Nomor 108, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia
Nomor 4689); 
6. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014 tentang
Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah 
7. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2004 tentang
Percepatan Pemberantasan Korupsi; 
8. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor
09/M.PAN/05/2007 tentang Pedoman Penyusunan Indikator Kinerja
Utama di Lingkungan Instansi Pemerintah; 
9. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor
20/M.PAN/11/2008 tentang petunjuk penyusunan Indikator Kinerja
Utama; 
10. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis
Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas
laporan Kinerja Instansi Pemerintah.  
 
1.3. MAKSUD DAN TUJUAN 
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan Laporan Kinerja
Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 ini adalah; 
1. Untuk mengukur tingkat keberhasilan kinerja program dan kegiatan
yang telah dilaksanakan 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 

 

 
2. Untuk memperoleh informasi mengenai kinerja, program dan
kegiatan dalam satu tahun anggaran; 
3. Untuk mengevaluasi kinerja dan memperbaiki serta sebagai bahan
perencanaan program dan kegiatan untuk tahun berikutnya; 
4. Sebagai umpan balik untuk perencanaan kinerja di masa yang akan
datang; 
5. Sebagai sarana dalam upaya menyelenggarakan clean government
menuju good governemence, dan untuk memenuhi tiga pilar yaitu
akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi melalalui penerapan
Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). 
1.4. GAMBARAN UMUM KECAMATAN HILIRAN GUMANTI   
1.4.1. Keadaan Geografis 
Kecamatan Hiliran Gumanti merupakan daerah perbukitan 
memanjang dari timur ke barat, dan dialiri oleh banyak sungai besar dan
kecil, kondisi alam yang masih banyak hutan, oleh sebab itu mata
pencaharian masyarakat lebih dominan pertanian dan perkebunan.
Penyebaran penduduk pada umumnya berkelompok menurut wilayah
pemukiman dan jorong-jorong yang ada. Pusat pemerintahan kecamatan
dan perkantoran terletak di Nagari Talang Babungo dengan keadaan
geografis sebagai berikut : 

1. Letak geografis   
? Lintang Selatan    : 01,02’27 – 01,20’40       
? Bujur Timur   : 100,51’19 – 101,14’09    

2. Batas Daerah  
? Sebelah Utara         : Kecamatan Tigo Lurah 
? Sebelah Selatan       : Kecamatan Pantai Cermin
? Sebelah Barat           : Kecamatan Lembah Gumanti
? Sebelah Timur          : Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh 

3. Luas   263,28 Km2 
? Nagari Talang Babungo       :  85,14 Km2
? Nagari Sariak Alahan Tigo   : 89,03 Km2
? Nagari Sungai Abu             : 89,11 Km2 

Kecamatan Hiliran Gumanti terdiri dari 3 (tiga) nagari dengan 
susunan per nagari sebagai berikut : 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 

 

Tabel 1.1 
Daftar Nagari, Jorong dan Pusat Pemerintahan Nagari  
di Lingkup Kecamatan Hiliran Gumanti Kab Solok 
No Nagari Nama Jorong Pusat Pemerintahan
1 Talang Babungo 1. Talang Timur 
2. Talang Barat
3. Bulakan
4. Silanjai
5. Tabek
6. Taratak Dama
7. Taratak Jarang 
2 Sariak Alahan Tigo 1. Sariak Ateh
2. Sariak Bawah
3. Talaok
4. Sianggai-anggai
5. Sungai Pangalek
6. Lurah Gadang
7. Taratak Teleng
8. Pinti Kayu 
3 Sungai Abu 1. Balai Garabak
2. Sungai Kaluang
3. Sungai Batarak
4. Panasahan
5. Lubuak Muaro 

1.4.2. Tugas dan Fungsi Organisasi 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
Talang Timur 
Sariak Ateh
 
Balai Garabak 
Berdasarkan Peraturan Bupati Solok Nomor : 54 Tahun 2016 tentang
Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja
Kecamatan Bab III Tugas dan Fungsi Pasal 4 Ayat 1, Kecamatan mempunyai
tugas sebagai berikut : 
1. Menyelenggarakan urusan pemerintahan umum.
2. Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat.
3. Mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan 
ketertiban umum.
4. Mengoordinasikan penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan 
Peraturan Bupati.
5. Mengoordinasikan pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan 
umum.
6. Mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang 
dilakukan oleh Perangkat Daerah Kabupaten di tingkat
kecamatan/Unit Pelaksana Teknis Dinas/Badan 
7. Membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan desa/nagari. 
 

 

8. Melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan
daerah yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintah Daerah
Kabupaten yang ada di kecamatan. 
9. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh peraturan
perundang-undangan 

Selain tugas dalam menyelenggarakan tugas umum pemerintahan, 
Kecamatan diberi kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh
Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah sebagaimana
tertuang dalam peraturan dalam Peraturan Bupati Solok Nomor : 25/Bup2016

tentang Kewenangan Bupati yang Dilimpahkan kepada Camat di
Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Solok yang meliputi : 
1. Kewenangan Perizinan.
2. Kewenangan Rekomendasi.
3. Kewenangan Pembinaan
4. Kewenangan Pengawasan.
5. Kewenangan Fasilitasi.
6. Kewenangan Pemerintahan Umum. 

1.4.3. Struktur OPD Kecamatan Hiliran Gumanti  
Pengaturan penyelenggaraan kecamatan baik dari sisi pembentukan,
kedudukan, tugas dan fungsinya secara legalistik diatur dengan Peraturan
Pemerintah. Sebagai perangkat daerah, Camat mendapatkan  pelimpahan
kewenangan yang bermakna urusan pelayanan masyarakat. Selain itu
kecamatan juga akan mengemban penyelenggaraan tugas-tugas umum
pemerintahan. Camat dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh perangkat
kecamatan dan bertanggung jawab kepada bupati/walikota melalui
sekretaris daerah kabupaten/kota. Pertanggungjawaban Camat kepada
bupati/walikota melalui sekretaris daerah adalah pertanggung jawaban
administratif. Pengertian melalui bukan berarti Camat merupakan bawahan
langsung Sekretaris Daerah, karena secara struktural Camat berada langsung
di bawah Bupati. 
Berdasarkan Peraturan Bupati Solok Nomor 54 Tahun 2016 tentang
Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja
Kecamatan, maka struktur organisasi Kecamatan Hiliran Gumanti  dapat
dilihat dari bagan berikut ini : 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 

 

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
Gambar 1. 1 
Struktur OPD Kecamatan Hiliran Gumanti  
Perbup Nomor 54 Tahun 2016 

 
 

1.4.4. Sumber Daya Manusia OPD Kecamatan Hiliran Gumanti 
Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi , Kantor 
Camat Hiliran Gumanti memiliki sumber daya organisasi berupa sumber
daya manusia dan sarana prasarana. Adapun jumlah Sumber Daya Manusia
Kantor Camat Hiliran Gumanti adalah sebagai berikut; 
 
 
Tabel 1.2
Jumlah ASN Kecamatan Hiliran Gumanti  
berdasarkan Pangkat/Golongan Ruang 
RUANG
PENDIDIKAN 
No
PANGKAT/GOLONGAN 
JUMLAH
SD SMP SLTA D3 S1 S2 
I
Juru Muda ( I.a )        

Juru Muda Tingkat I ( I.b)        

Juru ( I.c)        

Juru Tingkat I ( Id)        
II.
Pengatur Muda ( II.a)        

Pengatur Muda Tk I ( II.b)   1   

Pengatur ( II.c)   1    1 

Pengatur Tingkat I ( II.d)        
III.
Penata Muda (III.a)        

Penata Muda Tingkat I (III.b)     1  1 

Penata ( III.c)     1  1 

Penata Tk I ( III.d)   1  1  2 
IV
Pembina (IV.a)     1 1

Pembina Tk I ( IV.b)      1 1 

JUMLAH   3  4 2 9 
 
Tabel 1. 3 
SDM Kantor Camat Hiliran Gumanti  
Berdasarkan Jabatan Dan Jumlah Pegawai 
No Uraian Jabatan Jumlah 
1 ESELON III 2
2. ESELON IV.A 3
3. ESELON IV.B 1
4. STAFF  3
5 TENAGA HARIAN LEPAS  3
 JUMLAH 12 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 

 

1.4.5. Isu – Isu Strategis Organisasi 
Isu-isu strategis adalah kondisi atau hal yang diperhatikan dalam 
perencanaan pembangunan selama 5 (lima) tahun dalam melaksanakan atau
menyelenggarakan tugas dan fungsi pelayanan Kecamatan Hiliran Gumanti
kepada masyarakat.  Analisa isu-isu strategis di identifikasikan berdasarkan
tugas dan fungsi pelayanan di kecamatan Hiliran gumanti dalam
menjalankan pemerintahan ada berbagai permasalahan, sebagai berikut; 
a) Bidang sekretariat
? Masih kurangnya Sumber Daya dan keterampilan pegawai 
dalam mengoperasikan sarana dan prasarana komputer di
Kecamatan Hiliran Gumanti sehingga memperlambat kinerja
kegiatan administrasi perkantoran, untuk meningkatkan kinerja
kegiatan administrasi perlu adanya pelatihan dalam
mengoperasikan komputer; 
? Kurangnya personil di bagian sekretariat Kecamatan Hiliran
Gumanti sehingga banyak tenaga yang merangkap tugas lain,
untuk meningkatkan kinerja pelayanan masyarakat perlu adanya
tambahan personil; 
? Masih minimnya anggaran di Kecamatan sehingga kegiatankegiatan
belum
bisa
optimal
untuk
dilaksanakan.

b) Bidang Pemerintahan
? Kurangnya staf atau personil dalam data pemerintahan umum 
pengelolaan data Pemerintahan Nagari, pengelolaan data
kependudukan dan pertanahan sehingga untuk meningkatkan
kinerja pelayanan masyarakat perlu adanya tambahan personil
dan tenaga operasional; 
c) Bidang Pemberdayaan Masyarakat
? Kurangnya personil pengelolaan pemberdayaan masyarakat dan 
partisipasi masyarakat, sehingga untuk meningkatkan kinerja
pelayanan masyarakat perlu adanya tambahan personil dan
tenaga operasional; 
? Kurangnya pemerataan pembangunan di Nagari
? Belum optimalnya peran serta dan swadaya masyarakat dalam 
pemberdayaan dan pembangunan wilayah;
? Tingginya kerusakan infrastruktur wilayah nagari seperti jalan 
nagari, jalan usaha tani dan sanitasi lingkungan masih rendah.
d) Bidang Pelayanan Terpadu  dan Kesejateraan Sosial 
? Kurangnya personil pegelolaan pendidikan, kebudayaan dan
pengelola kesejahteraan sosial untuk meningkatkan kinerja
pelayanan kesejahteraan sosial. 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 

 

 
e) Bidang Kemanan dan Kenyamanan Lingkungan 
? Masih rendahnya kesadaran masyarakat tentang hukum 
? Kurangnya personil Linmas di masing-masing Nagari dan
Linmas yang ada belum bekerja secara maksimal 
? Kurangnya sarana dan prasarana Kamtibmas  di Kecamatan
Hiliran Gumanti; 
f) Bidang Ekonomi dan Pembangunan
? Kurangnya personil pengelolaan monitoring dan evaluasi 
pembangunan dan pengelolaan pendaftaran dan pendataan
pajak atau retrubusi sehingga untuk meningkatkan kinerja
pelayanan masyarakat perlu adanya tambahan personil dan
tenaga operasional 
? Pembangunan infrastruktur di kecamatan Hiliran Gumanti
sudah cukup baik, namun perlu ditingkatkan keberadaannya,
khususnya untuk peningkatan pembangunan  
? Kurangnya personil di bidang ekonomi dan pembangunan
sehingga banyak tenaga yang merangkap tugas. 
1.5. SISTEMATIKA PENYAJIAN 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP)  Kecamatan Hiliran
Gumanti Tahun 2021, disusun dengan sistematika sebagai berikut  : 
BAB I  PENDAHULUAN
 Memuat latar belakang, landasan hukum, maksud dan tujuan 
serta sistematika penulisan.
BAB II  PERENCANAAN KINERJA
 Pada Bab ini diuraikan ringkasan/ikhtisar perjanjian kinerja 
tahun yang bersangkutan.
BAB III  AKUNTABILITAS KINERJA 
3.1 CAPAIAN KINERJA
Pada Sub Bab ini disajikan capaian kinerja untuk setiap 
IKU
3.2 REALISASI ANGGARAN 
Pad Sub Bab ini diuraikan realisasi anggaran yang
digunakan dan yang telah digunakan untuk mewujudkan
kinerja organisasi sesuai dengan dokumen perjanjian
kinerja. 
BAB IV  PENUTUP
 Pada Bab ini diuraikan simpulan umum atas capaian kinerja 
organisasi serta langkah dimasa datang yang akan dilakukan
organisasi untuk meningkatkan kinerjanya. 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 

 

BAB II 
PERENCANAAN KINERJA 


2.1. TUJUAN DAN SASARAN 
Pemerintah Kecamatan Merupakan bagian integral dari Pemerintah
Kabupaten Solok. Karena itu Program kegiatan di Kecamatan juga
merupakan bagian tidak terpisahkan dari Program Kegiatan Pemerintah
Kabupaten Solok. Sebagaimana diketahui Visi dan program  Bupati dan
Wakil Bupati Terpilih Tahun 2021-2026 adalah :  

“Mambangkik Batang Tarandam, Menjadikan Kabupaten Solok  
Menjadi Kabupaten Terbaik di Sumatera Barat””
 
Mendalami visi pembangunan tersebut serta mencermati perubahan
paradigma dan kondisi yang akan dihadapi dalam kurun waktu 5 (lima)
tahun kedepan, maka perumusan dan penjelasan terhadap visi dimaksud
harus dapat memperjelas posisi dan peran Kabupaten Solok dalam
perubahan yang terjadi baik di lingkup regional, nasional, maupun global.
Perwujudan dari visi pembangunan tersebut kemudian diterjemahkan
sebagai berikut : 
Tabel 2. 1
Visi dan Penjelasan Visi Kepala Daerah 
Visi Penjelasan Visi
Mambangkik Batang 
Tarandam
Upaya untuk meningkatkan capaian dari indikator 
Menjadikan
Kabupaten Solok
menjadi Kabupaten
Terbaik di Sumatera
Barat 
pembangunan yang saat ini berada pada peringkat
rendah di Sumatera Barat. Dengan terangkatnya capain
indikator ini dapat meningkatkan marwah Kabupaten
Solok. 
Kabupaten Solok masuk ke dalam kelompok 3 (tiga)
besar terbaik dari salah satu indikator dari Kabupaten
di Sumatera Barat dengan indikator makro
(Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan
Manusia, Tingkat Pengangguran, Gini Ratio,
Pendapatan Perkapita, Tingkat Kemiskinan) 

Dalam rangka mewujudkan visi, maka disusun misi yaitu rumusan 
umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan dalam mewujudkan
visi. Rumusan misi disusun untuk memberikan kerangka bagi tujuan dan
sasaran serta arah kebijakan yang ingin dicapai dan menentukan jalan yang 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
10 
 
10 
akan ditempuh dalam pencapaian visi. Adapun misi yang akan dilaksanakan
adalah ; 
1. Mengelola Anggaran Berbasis Kebutuhan Masyarakat
Misi ini dimaksudkan agar perencanaan dan penganggaran 
belanja Kabupaten Solok dimaksimalkan untuk pembangunan yang
disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Musrenbang menjadi
kunci utama dalam menyusun perencanaan dan penganggaran,
dimana dalam pelaksananaan Musrenbang akan melibatkan seluruh
SKPD terkait, anggota DPRD, dan stakeholder yang ada di nagari,
sehingga usulan dari Musrenbang nagari menjadi gambaran dari
kebutuhan masyarakat yang sesungguhnya. 
2. Meningkatkan Infrastruktur yang Berkeadilan
Misi dimaksudkan untuk Pembangunan infrastruktur yang 
merata disetiap wilayah Kabupaten Solok yang disesuaikan dengan
kebutuhan masyarakat dan kondisi geografis dari masing-masing
nagari. 
3. Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Sektor Pertanian,
UMKM, Perdagangan dan Pariwisata 
Misi dimaksudkan untuk mengawal perekonomian
masyarakat Kabupaten Solok yang nantinya memberi dampak
langsung serta nyata terhadap peningkatan pendapatan masyarakat
secara umum, upaya untuk menciptakan lapangan kerja untuk
pencari kerja serta upaya pengurangan kemiskinan dan pemerataan
pendapatan. 
4. Mewujudkan Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintah yang Baik
dan Bersih 
Tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih pada
prinsipnya adalah suatu upaya tentang pelaksanaan serta
pengelolaan pemerintahan yang baik, bersih, demokratis, dan efektif
yang berlandaskan pada prinsip transparan, akuntabel, profesional,
efektif dan efesien. Upaya dalam mewujudkan tata kelola
pemerintahan yang baik dan bersih pada hakikatnya merupakan
upaya membangun sistem nilai penyelenggaraan administrasi
pemerintahan yang berujung pada reformasi birokrasi. 
5. Meningkatkan Pembangunan Sumber Daya Manusia yang
Berkualitas 
Misi ini bertujuan pembangunan sumber daya manusia yang
diharapkan mampu berdaya saing untuk menjawab tantangan
perkembangan zaman melalui peningkatan kualitas kesehatan dan
peningkatan mutu pendidikan formal dan informal dalam mencapai
Standar Pelayanan Minimal (SPM) serta optimalisasi pembangunan 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
11 
 
11 
kepemudaan dan olahraga, karena sumber daya manusia sangat
memegang peranan penting dalam proses keberhasilan suatu
pembangunan. 
6. Meningkatkan Tatanan Hidup Masyarakat Berlandaskan Adat
Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah 
Misi ini bertujuan untuk menfasilitasi dan meningkatkan
peran pemerintah daerah dalam sektor agama dan budaya melalui
peningkatan peran Tungku Tigo Sajarangan dan Tali Tigo Sapilin
yang merupakan ciri kas daerah. Setiap manusia pasti akan
mendambakan kehidupan yang harmonis, tentram dan damai dalam
kehidupanya. Disinilah norma-norma memegang peranan yang
sangat penting untuk mencapai tujuan tersebut, dimana salah
satunya adalah norma agama. 

Sesuai dengan peran Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 – 2026 
tertuang misi ke-empat Kabupaten Solok yaitu Mewujudkan
Penyelenggaraan Tata Kelola Pemerintah yang Baik dan Bersih dengan
tujuan; untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik dan bersih (good
governemence)  berbasis pelayanan prima menuju masyarakat madani,
sasaran yang akan di capai Kecamatan Hiliran Gumanti adalah
meningkatnya Akuntabilitas Kinerja dan Transparansi Penyelenggaraan
Pemerintah Daerah  

2.1.1. Tujuan 
Tujuan Rencana Stategis merupakan implementasi dari pernyataan
misi yang akan dicapai dalam jangka waktu 1 (satu) hingga 5 ( lima ) tahun.
Dengan ditetapkan Tujuan Rencana Strategis, maka Kecamatan Hiliran
Gumanti dapat secara tepat mengetahui apa yang harus dilaksanakan dalam
mewujudkan misi pembangunan daerah dengan mempertimbangkan
sumber daya dan kemampuan yang dimiliki.  Tujuan yang akan dicapai
dalam mencapai misi pembangunan Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten
Solok adalah; 
1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik
2. Meningkatkan Akuntabilitas dan Kinerja Birokrasi 

2.1.2. Sasaran 
Untuk mencapai tujuan di atas, telah ditetapkan dalam sebuah
sasaran penjabaran dari tujuan yaitu sesuatu yang akan dicapai atau
dihasilkan oleh Kecamatan Hiliran Gumanti dalam jangka waktu lima tahun
yang akan datang.  Berdasarkan tujuan yang ditetapkan maka sasaran
pembangunan Kecamatan Hiliran Gumanti adalah sebagai berikut ; 
 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
12 
 
12 
Tabel 2. 2
Kesesuaian Tujuan dan Sasaran 
VISI   MAMBANGKIK BATANG TARANDAM, MENJADIKAN
KABUPATEN SOLOK MENJADI KABUPATEN TERBAIK
DI SUMATERA BARAT 
MISI MEWUJUDKAN PENYELENGGARAAN TATA KELOLA
PEMERINTAH YANG BAIK DAN BERSIH  
No TUJUAN SASARAN
1. Meningkatkan Kualitas 
Pelayanan Publik
Meningkatnya Kualitas
Pelayanan Kepada Masyarakat 
2. Meningkatkan Akuntabilitas
dan Kinerja Birokrasi 

2.2. STRATEGI 
Meningkatnya Tata Kelola
Organisasi 
Strategi merupakan langkah-langkah yang berisi program – program
indikatif untuk mewujudkan visi dan misi.  Strategi adalah salah salah satu
rujukan penting dalam perencanaan pembangunan daerah.  Rumusan
strategi tersebut berupa pernyataan yang menjelaskan bagaimana tujuan dan
sasaran yang akan di capai serta selanjutnya akan diperjelas dengan
serangkaian arah kebijakan. 
Disamping strategi, arah kebijakan merupakan hal penting untuk
mengarahkan rumusan yang akan dipilih dalam mencapai tujuan dan
sasaran selama 5 tahun.  Rumusan arah kebijakan merasionalkan pilihan
strategis agar memiliki fokus dan sesuai dengan pengaturan
pelaksanaannya. 
Berkenaan dengan visi, misi tujuan dan sasaran yang telah di paparkan
selanjutnya disusun staregi dan arah kebijakan yang selengkapnya dapat
dilihat pada tabel ;  
Tabel 2. 3
Strategi dan Arah Kebijakan 
No Sasaran Strategi Arah Kebijakan
1. Meningkatnya 
Kualitas Pelayanan
Kepada Masyarakat 
2. Meningkatnya Tata
Kelola Organisasi 
 
Meningkatkan indeks
kepuasan masyarakat
terhadap pelayanan
kecamatan 
Meningkatkan efektivitas
dan kualitas kinerja
perangkat daerah 
Meningkatkan pelayanan
yang cepat dan tepat sesuai
standar pelayanan 
Meningkatkan partisipasi
masyarakat dalam proses
musyawarah perencanaan
pembangunan Kecamatan 
Meningkatkan akuntabilitas
penyelenggaraan
pemerintahan 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
13 
 
13 
2.3. SASARAN DAN PROGRAM
Sasaran dan program sebagai alat ukur keberhasilan Kecamatan Hiliran 
Gumanti dalam mencapai tujuan dapat dilihat pada tabel dibawah ini :
 
Tabel 2. 4 
Sasaran dan Program 
No Sasaran Strategis Program
1. Meningkatnya Kualitas 
Pelayanan Kepada
Masyarakat 
2. Meningkatnya Tata Kelola
Organisasi 
1. Program penyelenggaraan pemerintahan dan
pelayanan publik 
2. Program pemberdayaan masyarakat desa dan
kelurahan 
3. Program koordinasi ketentraman dan ketertiban
umum 
4. Program penyelenggaraan urusan pemerintahan
umum 
5. Program pembinaan dan pengawasan
pemerintahan desa 
Program penunjang urusan pemerintahan daerah
kabupaten/kota 

2.4. INDIKATOR KINERJA UTAMA (IKU) 
Sasaran dan indikator kinerja sebagai alat ukur keberhasilan
Kecamatan Hiliran Gumanti dalam mencapai tujuan dapat dilihat pada tabel
dibawah ini : 
No Sasaran Strategis 
Tabel 2. 5
Indikator Kinerja Utama (IKU) 
Indikator
Kinerja Utama 
Formulasi Pengukuran
1. Meningkatnya 
Kualitas Pelayanan
Kepada Masyarakat 
2. Meningkatnya Tata
Kelola Organisasi 
 
 
 
Indeks Kepuasan
Masyarakat 
Cakupan Nagari Yang
Melaksanakan
Siskeudes Dengan
Kategori Optimal 
Cakupan
Penanggulangan
Bencana 
Jumlah Inovasi
Kecamatan 
Indeks Kepuasan
Aparatur 
Hasil Survey Kepuasan
Masyarakat 
Jumlah Nagari Yang
Melaksanakan Siskeudes Dengan
Kategori Optimal /Jumlah Nagari
x 100% 
Jumlah Penanggulangan Bencana
yang ditindaklajuti/Jumlah
Bencana x 100% 
Jumlah Inovasi Kecamatan 
Hasil Survey Kepuasan Aparatur 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
14 
 
14 
2.5. PERJANJIAN  KINERJA TAHUN 2021
Sebagai bentuk upaya mewujudkan Kinerja yang terdapat dalam 
Rencana Strategis 2021-2026, maka Target-target kinerja tahunan yang
tercantum dalam Rencana Strategis dituangkan ke dalam Perjanjian Kinerja
setiap tahunnya. Namun demikian, dapat disampaikan bahwa tahun 2021
merupakan masa transisi pemerintahan sehingga Perjanjian Kinerja yang
dibuat pada awal tahun 2021 dilakukan perubahan agar Perjanjian Kinerja
dapat menyesuaikan dengan Renstra Kecamatan Hiliran Gumanti 2021-2026
yang telah ditetapkan. Perjanjian Kinerja Kecamatan Hiliran Gumanti
Kabupaten Solok  sebelum perubahan (awal tahun 2021) dapat dilihat pada
tabel di bawah ini : 
Tabel 2. 6
Perjanjian Kinerja Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 
Sebelum Perubahan (Awal Tahun 2021) 
No Sasaran Strategis
Indikator Kinerja 
IKU Target
1. Meningkatnya 
kepuasan masyarakat
terhadap pelayanan
publik 
2. Meningkatnya
kepatuhan nagari 
dalam penataan
adminitasi 
3. Meningkatnya
partisipasi masyaraklat
dalam pembangunan 
Indeks Kepuasan Masyarakat 3,53 Indeks
Prosentase Pengaduan masyarakat 
yang ditindaklajuti
100 % 
Prosentase gangguan trantibmas yang
ditindaklaklajuti 
Persentase Nagari dengan pelaporan
AND tepat waktu 
Persentase Nagari yang menetapkan
APB tepat waktu 
Persentase usulan musrenbang
Kecamatan yang tertampung dalam
Dok RKPD 
Persentase Capaian PAD 100% 
 
Perjanjian kinerja Kecamatan Hiliran Gumanti pada tahun 2021
mengalami 1 (satu) kali perubahan, dimana Perjanjian Kinerja yang telah
disusun dan ditandatangani oleh Bupati pada Januari 2021, kemudian
dilakukan revisi pada Desember 2021. Adapun kondisi yang menyebabkan
perlu dilakukannya revisi adalah: 
1. Pada April 2021 terjadi pergantian/serah terima jabatan kepada
daerah (Bupati/Wakil Bupati) yang menyebabkan visi dan misi
Kabupaten Solok mengalami perubahan. 
2. Pada Desember 2021, Rencana Pembangunan Jangka Menengah
Daerah (RPJMD) Kabupaten Solok sudah di tetapkan dengan
Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2021 tentang Rencana
Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2021 - 2016. 
3. Adanya penyesuaian strategi sebagai dampak pandemi Covid-19,
antara lain, perubahan alokasi anggaran, perubahan pelaksanaan
kegiatan, dan perubahan pola kerja. 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
100 % 
100 % 
100 % 
30 % 
 
15 
 
15 
Perubahan Perjanjian Kinerja tersebut sejalan dengan Peraturan
Menteri PANRB Nomor 53 tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan
Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja Dan Tata Cara Reviu Atas Laporan
Kinerja Instansi Pemerintah, yang mengatur: 
 
 
Perjanjian Kinerja dapat direvisi atau disesuaikan dalam hal terjadi kondisi
sebagai berikut: 
a. Terjadi pergantian atau mutasi pejabat;
b. Perubahan dalam strategi yang mempengaruhi pencapaian tujuan dan 
sasaran (perubahan program, kegiatan dan alokasi anggaran); dan
c. Perubahan prioritas atau asumsi yang berakibat secara signifikan dalam 
proses pencapaian tujuan dan sasaran. 
 
Tabel 2. 7
Perjanjian Kinerja Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 
Setelah Dilakukan Perubahan 
No Sasaran Strategis
Indikator Kinerja 
IKU Target
1. Meningkatnya Kualitas 
Pelayanan Kepada
Masyarakat 
2. Meningkatnya Tata
Kelola Organisasi 
Indeks Kepuasan Masyarakat 3,40 Indeks
Cakupan Nagari Yang Melaksanakan 
Siskeudes Dengan Kategori Optimal
100 % 
Cakupan Penanggulangan Bencana 100%
Jumlah Inovasi Kecamatan 1 Inovasi 
Indeks Kepuasan Aparatur 2.95 Indeks 
Perjanjian Kinerja Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 setelah
revisi inilah yang dijadikan acuan dalam pengukuran dan penyusunan
Laporan Kinerja Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 ini. 

2.6. PENETAPAN KINERJA TAHUN 2021 
Penetapan Kinerja merupakan amanat Inpres Nomor 5 tahun 2004
tentang Penetapan Kinerja.  Penetapan kinerja pada dasarnya adalah
penyataan komitmen yang mempresentasikan tekat dan janji untuk
mencapai kinerja yang jelas dan terukur dalam rentang waktu satu tahun
tertentu dengan mempertimbangkan Sumber Daya yang dikelolanya. 
Tujuan khusus penetapan kinerja antara lain adalah untuk meningkatkan
akuntabilitas transparansi dan kinerja aparatur sebagai wujud nyata
komitmen antara penerima amanah dengan pemberi amanah sebagai dasar
penilaian keberhasilan atau kegagalan pencapaian tujuan dan sasaran
organisasi, menciptakan tolok ukur kinerja sebagai dasar evaluasi kinerja
aparatur dan sebagai dasar pemberian reward dan punishment atau
penghargaan dan sanksi.  
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
16 
 
16 
Tabel 2. 8
Penetapan Kinerja Kecamatan Hiliran Gumanti 2021 
No Sasaran Strategis Indikator Kinerja Target Program/Kegiatan
Anggaran 
Awal Refocusing Perubahan
1 Meningkatnya 
Kualitas Pelayanan
Kepada Masyarakat 
2 Meningkatnya Tata
Kelola Organisasi 
Indeks Kepuasan
Masyarakat 
Cakupan Penanggulangan
Bencana 
3,40 Indeks
Program penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, dengan
kegiatan : 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
-,- -,- -,- 
1. Koordinasi Penyelenggaraan Kegiatan Pemerintahan di Tingkat Kecamatan -,- -,- -,-
Program pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan, dengan kegiatan : 148,872,500,- 148,872,500,- 131.424.500,- 
1. Koordinasi Kegiatan Pemberdayaan Desa 139,143,000,- 139,143,000,- 131.424.500,-
2. Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Tingkat Kecamatan 9,729,500,- 9,729,500,- -,- 
100 %
Program koordinasi ketentraman dan ketertiban umum, dengan kegiatan : 
-,- -,- -,-
1. Koordinasi Upaya Penyelenggaraan Ketenteraman dan Ketertiban Umum -,- -,- -,- 
Jumlah Inovasi Kecamatan 1 Inovasi
Program penyelenggaraan urusan pemerintahan umum, dengan kegiatan :
-,- -,- -,-
1. Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum sesuai Penugasan Kepala 
Cakupan Nagari Yang
Melaksanakan Siskeudes
Dengan Kategori Optimal 
Daerah
-,- -,- -,- 
100 %
Program pembinaan dan pengawasan pemerintahan desa, dengan kegiatan : 9,480,000,-
3.335.000,- -,-
1. Fasilitasi, Rekomendasi dan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan 
Pemerintahan Desa
9,480,000,- 3.335.000,- -,- 
Indeks Kepuasan Aparatur 2.95 Indeks
Program penunjang urusan pemerintahan daerah kabupaten/kota, dengan 
kegiatan : 
1,928,546,119,- 1.786.516.519,- 1.535.355.695,- 
1. Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah 11.971.400,- 11.971.400,- 11.971.400,-
2. Administrasi Keuangan Perangkat Daerah 1,590,031,469,- 1.474.062.869,- 1.203.757.432,-
3. Administrasi Umum Perangkat Daerah 133,306,250,- 130.864.250,- 152.264.250,- 
4. Pengadaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah 32,219,000,- -,- -,-
5. Penyediaan Jasa Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah 20,742,000,- 9.342.000,- 8.776.776,-
6. Pemeliharaan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah 140,276,000,- 160.276.000,- 158.585.837,- 
Jumlah 2,086,898,619,- 1.938.724.019,- 1.666.780.195,- 
 
 
17 
BAB III
AKUNTABILITAS KINERJA 


Akuntabilitas kinerja adalah kewajiban untuk menjawab dari 
perorangan, badan hukum atau pimpinan kolektif secara transparan
mengenai keberhasilan atau kegagalan dalam melaksanakan misi organisasi
kepada pihak-pihak yang berwenang menerima pelaporan
akuntabilitas/pemberi amanah. Secara umum dapat dikatakan bahwa
kinerja merupakan suatu prestasi yang dapat dicapai oleh Pemerintah
Kecamatan dalam periode tertentu. Untuk mengetahui keberhasilan atau
kegagalan suatu organisasi, maka seluruh aktivitas organisasi tersebut dapat
diukur, dan pengukurannya tidak semata-mata hanya kepada masukan
(input), keluaran (output) dan hasil (outcome) tetapi lebih ditekankan kepada
tercapainya sasaran dan tujuan secara efektif dan efisien serta hasil program
dapat dimanfaatkan. Pengukuran kinerja sangat penting dilakukan untuk
mengetahui keberhasilan atau kegagalan dalam melaksanakan akuntabilitas. 
Pengukuran kinerja digunakan untuk menilai keberhasilan dan
kegagalan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan program, sasaran yang telah
ditetapkan dalam rangka mewujudkan visi dan misi instansi pemerintah. 
Pengukuran  kinerja  dilaksanakan  sesuai  dengan  Keputusan 
Kepala  LAN Nomor 239/IX/618/2004 tentang Perbaikan Pedoman
Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah; dan
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja,
Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi
Pemerintah. Capaian indikator kinerja utama (IKU) diperoleh berdasarkan
pengukuran atas indikator kinerjanya masing-masing, sedangkan  capaian 
kinerja   sasaran  diperoleh  berdasarkan  pengukuran  atas indikator
kinerja sasaran strategis, cara penyimpulan hasil pengukuran kinerja
pencapaian sasaran strategis dilakukan dengan membuat capaian rata-rata
atas capaian indikator kinerja sasaran. 

3.1. CAPAIAN KINERJA
3.1.1. Kerangka Pengukuran Kinerja 
Pengukuran kinerja digunakan untuk menilai keberhasilan dan
kegagalan pelaksanaan sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan dalam
rangka mewujudkan visi dan misi pemerintah.  Pengukuran kinerja
dilaksanakan sesuai dengan Ketuputusan LAN Nomor 239/IX /618/2004
tentang perbaikan Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntantabilitas Kinerja
Instansi Pemerintah da Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
18 
 
18 
Negara dan reformasi birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang petunjuk
teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata cara Reviu atas laporan
kinerja instasi pemerintah. 
Pengukuran kinerja sangat penting dilakukan untuk mengetahui
keberhasilan atau kegagalan dalam melaksanakan akuntabilitas. Untuk
mengukur kinerja terutama keberhasilan pencapaian masing-masing
indikator kinerja hasil (outcome) pada sasaran digunakan pengukuran kinerja
melalui skala pengukuran ordinal, dengan kriteria penilaian sebagai berikut:  

Tabel 3. 1 
Predikat Evaluasi Akuntabilitas Kinerja 
Instasi Pemerintah 
No Interval Nilai Realiasi Kinerja
Kriteria Penilaian 
Realisasi Kinerja
1. Sangat Baik  85-100
2. Baik 70-85
3. Sedang 55-70
4 Kurang Baik >55 

Dalam laporan ini, Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok 
dapat memberikan gambaran capaian kinerja berdasarkan pada Perjanjian
Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2021 dan Indikator Kinerja Utama
Perangkat Daerah berdasarkan Keputusan Camat Hiliran Gumanti 
Kabupaten Solok tentang Indikator Kinerja Utama (IKU) Kecamtan Hiliran
Gumanti Kabupaten Solok Tahun 2021-2026. 

3.1.2. Capaian Indikator Kinerja Utama  
Berdasarkan tujuan dan sasaran strategisnya, Kecamatan Hiliran
Gumanti Kabupaten Solok memiliki 2 (dua) Sasaran Strategis dengan 6
Indikator kinerja yang didukung oleh 6 (enam) Program, 12 (dua belas)
Kegiatan dan 24 (dua puluh empat) Sub-Kegiatan. Pada tahun 2021 capaian
indikator kinerja utama Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok dapat
dilihat pada tabel dibawah ini : 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
19 
 
19 
 
Tabel 3. 2
Capaian IKU  Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 
No Sasaran Strategis
Kinerja 
Program Indikator Kinerja Utama Satuan Target Realisasi Capaian
1. Meningkatnya Kualitas 
Pelayanan Kepada
Masyarakat 
2. Meningkatnya Tata
Kelola Organisasi 
1. Program penyelenggaraan
pemerintahan dan pelayanan
publik 
2. Program pemberdayaan
masyarakat desa dan kelurahan 
Program pembinaan dan
pengawasan pemerintahan desa 
Program koordinasi ketentraman dan
ketertiban umum 
Program penyelenggaraan urusan
pemerintahan umum 
Program penunjang urusan
pemerintahan daerah
kabupaten/kota 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
1. Indeks Kepuasan
Masyarakat 
2. Cakupan Nagari Yang
Melaksanakan Siskeudes
Dengan Kategori Optimal 
3. Cakupan Penanggulangan
Bencana 
4. Jumlah Inovasi
Kecamatan 
1. Indeks Kepuasan
Aparatur 
Indeks 3,40 3.49 102,7% 
% 100 % 100 % 100% 
% 100 % 100 % 100 % 
Inovasi 1  1 100 % 
Indeks 2.95  3.34 113,1 % 
 
20 
3.1.3. Evaluasi dan Analisis Capaian Kinerja Sasaran Strategis 
Secara umum Kecamatan Hiliran Gumanti telah dapat menyelesaikan 
tugas dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan dalam
Rencana Strategis Tahun 2021-2026 dengan baik.  Jumlah sasaran yang
ditetapkan setelah reviu sebanyak 2 (dua) sasaran strategis.  Dengan
melakukan evaluasi kinerja perlu dilakukan perbandingan antara kinerja
nyata dengan kinerja yang direncanakan, kinerja nyata dengan tahun
sebelumnya, kinerja nyata dengan target akhir renstra dan kinerja nyata
dengan instasi yang lebih tinggi atau standar nasional.  
Adapun evaluasi dan analisis tingkat kinerja dari satu sasaran strategis
tahun 2021 tersebut adalah sebagai berikut ; 
 
Tabel 3.3
Target dan Realisasi Indikator dari Sasaran Strategis  
Meningkatnya Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat
Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 
SASARAN STATEGIS 1 :
MENINGKATNYA KUALITAS PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT 
No Indikator Kinerja Target Realisasi Capaian
1
Indeks Kepuasan 
Masyarakat 
2
Cakupan Nagari Yang
Melaksanakan Siskeudes
Dengan Kategori
Optimal 
3
Cakupan
Penanggulangan
Bencana 
4
Jumlah Inovasi
Kecamatan 


A. INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT 
3,40 Indeks 3.49 Indeks 102,7% 
100 % 100 % 100% 
100 % 100 % 100 % 
1 Inovasi 1 Inovasi 100 % 
Survey Kepuasan Masyarakat adalah pengukuran secara
komprehensif kegiatan tentang tingkat kepuasan masyarakat yang
diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat dalam
memperoleh pelayanan dari penyelenggara pelayanan publik. 
Tujuannya adalah untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai
pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelanggara pelayanan
publik.  
Adapun hasil Survey Kepuasan Masyarakat tersebut dimaksudkan
untuk ; (a). Mengetahui kelemahan atau kekuatan dari masing-masing 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
21 
 
21 
unit penyelenggara publik, (b). Mengukur secara berka penyelenggara
pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit kerja pelayanan publik, (c).
Sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu di ambil dan langkah
perbaikan pelayanan, (d). Sebagai umpan balik dalam memperbaiki
layanan. 
1. Perbandingan antara target dan realisasi kinerja tahun ini
Tabel 3. 4 
Realisasi Indikator Kinerja Indeks Kepuasan Masyarakat
Kecamatan Hiliran Gumanti Tahun 2021 
No Indikator Kinerja Target Realisasi
Prosentas 
Capaian
1.
Indeks Kepuasan Masyarakat
3.40 3.49 102,7% 

Survey Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Hiliran Gumanti 
pada Tahun 2021 dilaksanakan terhadap masyarakat di Kecamatan
Hiliran Gumanti yang memperoleh pelayanan sebanyak 285
responden. Pelaksanaaan Survey Kepuasan Masyarakat ini
dilaksanakan atas pelayanan yang diberikan Kecamatan Hiliran
Gumanti kepada masyarakat, yaitu sebagai berikut : 
 
Tabel 3. 5
Informasi Jenis Pelayanan Administrasi Terpadu  
Kecamatan (PATEN) Hiliran Gumanti 
No Pelayanan
Lama 
Pelayanan
1 Legalisasi Pembuatan KTP 30 Menit 
2 Legalisasi pembuatan Kartu Keluarga (KK) baru nikah 30 Menit 
3
Legalisasi pembuatan KK penambahan anggota keluarga baru 
lahir
30 Menit 
4
Legalisasi pembuatan KK perubahan nama, tempat dan tanggal 
lahir 
30 Menit 
5 Legalisasi pembuatan KK perubahan status pernikahan 30 Menit 
6
Legalisasi kepindahan penduduk antar nagari dalam satu 
kecamatan
30 Menit 
7 Legalisasi kepindahan penduduk antar kecamatan 30 Menit
8 Legalisasi kedatangan penduduk antar kecamatan 30 Menit
9 Legalisasi kedatangan penduduk antar kabupaten 30 Menit
10 Legalisasi surat keterangan berkelakuan baik (SKCK) 20 Menit 
11
Legalisasi surat keterangan domisili /diri dan usaha/ tidak 
mampu 
20 Menit 
12 Rekomendasi surat izin keramaian 30 Menit
13 Legalisasi proposal pertanian dll 30 Menit 
 
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Hiliran Gumanti Tahun 2021 
 
22 
 
22 
Adapun data survey has